Jepang Jadi Negara Kedua yang Daratkan Astronautnya di Bulan

Jepang menjalin kemitraan dengan NASA dalam kampanye eksplorasi Artemis.

EPA-EFE/CRISTOBAL HERRERA-ULASH
Jepang akan menjadi negara kedua setelah Amerika Serikat (AS) yang mendaratkan astronaut di bulan usai bergabung dengan AS dalam misi eksplorasi ke bulan dengan misi Artemis.
Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani  Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jepang akan menjadi negara kedua setelah Amerika Serikat (AS) yang mendaratkan astronaut di bulan. Ini sebagai bagian dari kampanye eksplorasi bulan Artemis berdasarkan perjanjian antara kedua negara yang diumumkan pada 10 April. 

Baca Juga

Pada sebuah acara di Washington, Administrator NASA Bill Nelson dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi Jepang (MEXT) Masahito Moriyama menandatangani perjanjian mengenai kontribusi tambahan Jepang untuk Artemis, penjelajah bulan bertekanan yang disebut Lunar Cruiser. 

NASA akan mengirimkan penjelajah tersebut ke bulan. Menurut badan tersebut, pengiriman penjelajah harus dilakukan sebelum misi Artemis 7 yang dijadwalkan paling lambat 2031. 

NASA juga akan menyediakan dua kursi pada misi pendaratan bulan Artemis di masa depan kepada astronaut dari badan antariksa Jepang JAXA, lembaga pertama selain NASA yang mengamankan tempat dalam misi pendaratan. 

Menurut Hiroshi Yamakawa, presiden JAXA, dalam sebuah pernyataan, penjelajah bertekanan ini akan menjadi kontribusi yang kuat terhadap keseluruhan arsitektur Artemis seiring Jepang dan AS bekerja sama dengan mitra internasional dan industri dalam menjelajahi permukaan bulan dan sekitarnya. 

“JAXA siap membantu MEXT dan mendorong kemajuan ini dengan keahlian sains dan teknologi kami untuk membangun kehadiran manusia yang berkelanjutan di bulan,” kata Yamakawa, dilansir SpaceNews, Jumat (12/4/2024). 

Penjelajah Jepang akan mendukung ekspedisi yang diperluas dari lokasi pendaratan Artemis yang berada di luar jangkauan Lunar Terrain Vehicle yang dikembangkan oleh tiga perusahaan Amerika untuk NASA berdasarkan kontrak-kontrak yang diumumkan pada 3 April. Penjelajah ini dirancang untuk menampung dua astronaut hingga 30 hari, dengan seumur hidup keseluruhan 10 tahun. 

“Amerika tidak akan berjalan di bulan sendirian. Dengan penjelajah baru ini, kami akan mengungkap penemuan inovatif di permukaan bulan yang akan bermanfaat bagi umat manusia dan menginspirasi Generasi Artemis,” kata Administrator NASA Bill Nelson dalam sebuah pernyataan. 

Pengumuman itu tidak....

 

 

Namun pengumuman tersebut tidak memberikan rincian tentang kapan astronaut Jepang akan terbang ke bulan. “Itu tergantung,” kata Nelson pada pengarahan 10 April ketika ditanya tentang jadwal, dan mencatat bahwa kedua negara “mengumumkan tujuan bersama bagi warga negara Jepang untuk mendarat di bulan dalam misi NASA di masa depan dengan asumsi standarnya tercapai.” 

“Saat ini tidak ada misi yang ditugaskan kepada astronaut Jepang,” tambah Lara Kearney, manajer program aktivitas extravehicular dan mobilitas permukaan manusia NASA, pada pengarahan tersebut. 

Perjanjian pelaksanaan menyatakan beberapa faktor akan memengaruhi penugasan kru, termasuk kemajuan pada penjelajah bertekanan, atau PR. 

“Waktu peluang-peluang penerbangan akan ditentukan oleh NASA sejalan dengan perwujudan penerbangan yang ada dan proses penugasan kru dan akan mempertimbangkan program kemajuan dan kendala, permintaan MEXT untuk penugasan astronaut Jepang sedini mungkin ke misi permukaan bulan, dan pencapaian PR besar seperti saat PR pertama kali dikerahkan di permukaan bulan.” 

Namun, asumsi di antara banyak pihak di industri ini adalah bahwa setidaknya satu astronaut akan terbang sebelum rover tersebut dikirimkan, dan mungkin segera setelah misi Artemis 4, pendaratan berawak kedua, pada akhir tahun 2020-an. 

“Kami bermaksud untuk mendaratkan astronaut internasional di permukaan bulan pada akhir dekade ini,” kata Wakil Presiden AS Kamala Harris pada pertemuan Dewan Antariksa Nasional pada 20 Desember. 

Meskipun ada ketidakpastian mengenai kapan para astronaut Jepang akan mendarat di bulan, kesepakatan tersebut disambut baik oleh banyak orang. 

“Perjanjian ini mewakili puncak dari kepemimpinan, visi, dan dukungan tegas Jepang yang telah ditunjukkan negara tersebut sejak awal program Artemis,” Mike Gold, kepala pertumbuhan Redwire dan mantan penjabat NASA, mengatakan kepada SpaceNews. 

 

“Saat astronaut Jepang pertama menginjakkan kaki di bulan, ini akan menjadi momen yang luar biasa tidak hanya bagi Jepang, tetapi juga bagi seluruh dunia.” 

 
Berita Terpopuler