Album K-Pop Sumbang Tujuh dari 10 Penjualan CD Terlaris di AS Sepanjang 2023

K-pop menunjukkan dominasinya di penjualan CD musik di AS.

Dok.JTBC
Grup K-pop Stray Kids. Dua album Stray Kids, yakni Five-Star dan Rock-Star, masuk dalam 10 CD terlaris di AS.
Rep: Umi Nur Fadhilah Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Data penjualan CD di Amerika Serikat pada 2023 menunjukkan dominasi musik K-pop. Sebanyak tujuh album di antaranya masuk dalam 10 penjualan CD teratas.

Pencapaian itu terungkap dari laporan tahunan yang dirilis sebuah firma riset data industri musik dan hiburan Amerika, Luminate. Di daftar tersebut, Taylor Swift memimpin tangga penjualan CD.

Baca Juga

Dilansir The Korea Herald pada Rabu (17/1/2024), album Taylor's Version milik Taylor Swift memuncaki daftar dengan total 800 ribu penjualan, sehingga menandai kepopuleran yang berkelanjutan bagi penyanyi superstar tersebut. Album studio ke-10 Swift, Midnights dan versi Taylor dari Speak Now berada di peringkat kedelapan dan kesembilan dengan masing-masing terjual 260 ribu kopi.

Dalam kategori K-pop, grup K-pop Stray Kids dari JYP Entertainment menyumbangkan dua album terlaris, yakni Five-Star dan Rock-Star, yang menempati peringkat kedua dan keempat dengan penjualan sekitar 520 ribu dan 380 ribu kopi. Grup lain dari HYBE, TXT, meraih posisi ketiga dengan album The Name Chapter: Temptation yang terjual sebanyak 440 ribu kopi.

Empat grup K-pop dari HYBE juga berhasil masuk dalam daftar penjualan CD teratas. TXT mendominasi dengan The Name Chapter: Temptation di posisi ketiga (440 ribu kopi) disusul NewJeans dengan Get Up di posisi kelima (330 ribu kopi).

Berikutnya, ada Seventeen (SVT) dengan FML di posisi ketujuh (280 ribu kopi). Lalu, Jungkook BTS menjadi satu-satunya solois Korea berada di peringkat ke-10 dengan penjualan 240 ribu kopi untuk album solo pertamanya, Golden.

Twice, yang baru-baru ini menyelesaikan tur arena di AS, juga meraih tempat di tangga penjualan CD teratas. Mereka meraih jumlah penjualan CD sebanyak 300 ribu eksemplar untuk EP ke-12, Ready To Be.

Album tersebut menduduki peringkat keenam. Dominasi K-pop dalam penjualan CD menunjukkan daya tarik global yang terus tumbuh bagi musik Korea di pasar musik internasional.

 
Berita Terpopuler