Punya Sederet Prestasi, Inilah 12 Mualaf Dunia yang Masuk Islam pada 2023

Mereka mengaku hidayah Allah sangat indah dan menenangkan.

Dok. ONE
Rodtang Jitmuangnon (kanan) menikahi sesama atlet Muay Thai Thailand Aida Looksaikongdin.
Rep: Imas Damayanti Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang 2023, sejumlah tokoh dunia berbondong-bondong masuk Islam. Alasan mereka masuk Islam beragam, yang jelas mereka mengaku hidayah Allah sangat indah dan menenangkan.

Berikut profil 12 mualaf dunia yang masuk Islam pada 2023, seperti dilansir di About Islam, Jumat (5/1/2024).

Baca Juga

Mualaf Dunia yang Masuk Islam di 2023

1. Megan Rice, TikToker Amerika

Aktivis sekaligus TikToker Amerika, Megan Rice memutuskan masuk Islam setelah terinspirasi oleh ketangguhan masyarakat di Gaza yang menghadapi genosida. Megan mulai membaca Alquran dan masuk Islam pada November 2023. Dalam siaran langsung di halaman TikTok-nya, Rice terlihat baru-baru ini mengucapkan syahadat dan mengumumkan masuk Islam serta mengungkapkan bahwa dia merasa aman dan nyaman dalam balutan jilbab.

Aktivis sekaligus TikToker Amerika, Megan Rice. Dia memutuskan untuk masuk Islam dan berhijab setelah takjub akan keteguhan rakyat Palestina di tengah bombardir Israel. - (Dok. Instagram/@megan_b_rice)



2. Ibrahim Richmond

Richmond merupakan orator ulung yang sebelumnya adalah seorang pendeta dan tokoh Kristen ternama di Afrika Selatan. Richmond mulai tertarik dan mempelajari Islam setelah bermimpi didatangi seorang lelaki yang menyuruhnya menggunakan pakaian putih dan peci.

3. Petinju Gervonta Davis

Gervonta Davis merupakan petinju juara dunia. Dia masuk Islam. Pada akhir tahun 2023, dan kabar masuk Islamnya ini dibagikan secara langsung di akun Instagram mantan rapper Mutah Beale.

Gervonta sendiri adalah juara dunia tinju kelas ringan. Ryan Garcia adalah salah satu korban keganasan 'The Tank', julukannya.

4. Gould David

Sebelum masuk Islam, Gould David merupakan seorang pendeta yang mengabdikan dirinya selama 45 tahun di Gereja Australia. Tahun 2023 menjadi sebuah tahun yang besar baginya, karena di tahun itu ia mengaku mendapatkan langkah baru yang lebih cerah berkat hadirnya hidayah Allah.

Selanjutnya...

5. Petarung MMA Amber Leibrock

Amber Leibrock merupakan petarung seni bela diri campuran Amerika (MMA) yang cukup sukses. Ia mengumumkan masuk Islam pada Oktober 2023.

Muslimah berusia 35 tahun ini berbagi perjalanan spiritualnya melalui postingan media sosial pada 16 September 2023 Di akun Instagram pribadinya, ia mengungkapkan bagaimana Islam telah mengubah hidupnya sepenuhnya.

Amber Leibrock Jadi Mualaf - (IG)



6. Pemain bola Robert Bauer

Robert Bauer merupakan pesepak bola asal Jerman. Dia mengumumkan dirinya telah menjadi mualaf melalui sebuah unggahan di Instagram. Dalam unggahannya, Bauer juga mengungkapkan alasan yang membuat dirinya memeluk Islam. Pria berusia 28 tahun tersebut mengungkapkan dirinya mengenal Islam lewat istri dan keluarga istrinya.

7. Aktris Nigeria Mercy Aigbe

Mercy Aigbe merupakan aktris populer di Nigeria. Aktris Nigeria pemenang penghargaan populer ini memutuskan masuk Islam pada tahun 2023 dan mengubah namanya menjadi Hajia Meenah.

8. Zilla Fatu

Zilla Fatu merupakan putra mendiang pegulat WWE Umaga. Fatu mengumumkan jika dirinya masuk Islam pada Juni 2023. Dia menggambarkan perjalanan memeluk Islam sebagai sesuatu yang indah.

Penggemar fitnes berusia 27 tahun itu membagikan kisah bahwa meskipun dia ingin tahu tentang Islam selama berada di penjara, dia awalnya tidak menganggapnya serius. Namun akhirnya hidayah Allah tiba. Dia juga membagikan perjalanannya dan dampak transformatif dari narapidana Muslim yang taat yang dia temui selama di penjara.

Selanjutnya...

9. Shermon Burgess

Shermon Burgess merupakan salah satu aktivis anti-Islam paling terkenal di Australia dan mantan ketua kelompok sayap kanan United Patriots Front.

10. Hilarion Heagy

Hilarion Heagy merupakan pastor dan seorang imam Katolik terkemuka yang berbasis di Amerika Serikat. Kabar masuk Islamya Heagy menjadi berita besar bagi dunia.

Sebelum memeluk Islam, Heagy yang tinggal di Kalifornia ini sebelumnya menganut Ortodoks Rusia, bergabung dengan Gereja Ortodoks Antiokhia sekitar 2003, sebelum berangkat pada tahun 2007 dan beralih ke Gereja Katolik Timur. Dia lulus dari Biara Kebangkitan Suci di St Nazianz di Wisconsin untuk menjadi pendeta Katolik Bizantium dan baru-baru ini mengumumkan rencana untuk mendirikan Biara Kristen Timur di California.

11. Petarung MMA Kevin Lee

Kevin Lee merupakan petarung MMA sekaligus pendiri Ultimate Fighting Championship (UFC). Kevin memeluk Islam pada Januari 2023 dan mengaku tertarik dengan Islam karena Islam merupakan agama yang penuh dengan rasa persaudaraan atau lazim dikenal sebagai ukhuwah Islamiyah.

12. Petarung muay thai Rodtang Jitmuangnon

Rodtang Jitmuangnon merupakan petarung Muay Thai yang selama ini mendominasi ONE Championship. Rodtang Jitmuangnon, resmi masuk Islam pada Februari 2023. Pemegang sabuk juara divisi flyweight Muay Thai itu menikahi sesama petarung Muay Thai, Aida Looksaikongdin dalam sebuah upacara Islam. Upacara pernikahan itu mengungkap ia telah bersyahadat dan menjadi seorang Muslim.

 
Berita Terpopuler