Perang Gaza Terkini: Mesir Kehilangan 30 Pendapatan Bila Terus Suez Ditutup

Imbas Terusan Suez ditutup untuk atasi Serangan Houthi, Mesir paling dirugikan.

network /Muhammad Subarkah
.
Rep: Muhammad Subarkah Red: Partner

Terusan Suez sepanjang 192 km merupakan jalur laut tercepat antara Asia dan Eropa. (Sumber Gambar: Gambar Representasional/Getty)

- Serangan udara di kamp pengungsi Maghazi di Gaza tengah pada hari Minggu menewaskan sedikitnya 70 orang, menurut Kementerian Kesehatan Palestina. Beberapa rumah di kawasan itu juga rata dengan tanah.

- Koalisi maritim yang dipimpin Amerika Serikat akan membantu menstabilkan pelayaran di Laut Merah meskipun terjadi serangan Houthi, namun Mesir akan “kehilangan 30 persen aset mata uangnya dari biaya transit Terusan Suez selama jalur ini ditutup”, David Des Roches, dari National Universitas Pertahanan di Washington, DC, mengatakan kepada Al Jazeera pada hari Senin.

- Para demonstran di Rabat, Maroko, memobilisasi salah satu unjuk rasa pro-Palestina terbesar pada hari Minggu, menuntut diakhirinya hubungan diplomatik Maroko dengan Israel, lapor kantor berita Reuters.(Diedit)Pulihkan teks asli.


Dampak dan pertempuran pada manusia

- Seorang pejabat militer Israel mengatakan kepada The Wall Street Journal pada hari Minggu bahwa pertempuran tentara untuk mengambil kendali Khan Younis bisa memakan waktu berbulan-bulan karena taktik gerilya Hamas.

- Pelapor khusus PBB untuk wilayah pendudukan Palestina, Francesca Albanese, mengatakan pada hari Minggu bahwa “genosida adalah sebuah proses, bukan tindakan tunggal”, yang dibiarkan oleh dunia di Gaza.

- Penggerebekan semalam di Tepi Barat yang diduduki terus berlanjut, termasuk di Betlehem, Jenin dan Nablus, menurut koresponden Al Jazeera Hamdah Salhut. Di Jenin, juga terjadi baku tembak sengit antara pasukan Israel dan pejuang perlawanan Palestina.


Dampak Perdagangan Akibat Terus Suez ditutup Karena Serangan Houthi

Lebih dari 100 kapal kontainer dialihkan ke sekitar Afrika bagian selatan untuk menghindari Terusan Suez ketika pemberontak Houthi menyerang kapal-kapal di pantai barat Yaman, sehingga mengganggu perdagangan global. Menurut The Guardian, Kuehne dan Nagel, sebuah perusahaan pelayaran, mengidentifikasi 103 kapal yang telah mengubah rute mereka, dan diperkirakan lebih banyak lagi yang akan berlayar di sekitar Tanjung Harapan di Afrika Selatan.

Pengalihan ini telah menambah sekitar 6.000 mil laut dalam perjalanan Asia ke Eropa, sehingga memperpanjang waktu pengiriman produk selama tiga hingga empat minggu. Terusan Suez sepanjang 192 km merupakan jalur laut tercepat antara Asia dan Eropa.

Sekitar 19.000 kapal melewati Terusan Suez setiap tahunnya, menjadikannya sebagai salah satu jalur vital dunia, terutama untuk transportasi bahan bakar fosil dan komoditas antara Asia dan Eropa.

Pemberontak Houthi mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap kapal-kapal sebagai tanggapan atas serangan udara Israel di Gaza. Konflik yang dimulai setelah serangan mendadak Hamas di Israel pada 7 Oktober telah menyebabkan ratusan kematian di Gaza. Amerika Serikat pada hari Selasa mengumumkan niatnya untuk memimpin koalisi angkatan laut untuk melindungi pelayaran di Terusan Suez.

Kuehne dan Nagel menyatakan kapal yang dialihkan memiliki kapasitas mengangkut 1,3 juta kontainer berukuran 20 kaki (6 meter). Selain itu, rute kapal tanker minyak dan gas juga telah dialihkan, dan BP menjadi perusahaan terbesar yang mengumumkan kepada publik bahwa mereka telah mengubah arah.


Michael Aldwell, anggota dewan logistik laut Kuehne dan Nagel, mengatakan kepada The Guardian, "Perpanjangan waktu yang dihabiskan di perairan diperkirakan akan menyerap 20% kapasitas armada global, yang menyebabkan potensi penundaan dalam ketersediaan sumber daya pengiriman. Selain itu, penundaan dalam mengembalikan peralatan kosong ke Asia kemungkinan besar akan menimbulkan tantangan, yang selanjutnya berdampak pada keandalan rantai pasokan secara keseluruhan."

Terusan Suez ini merupakan salah satu dari tujuh titik hambatan geografis yang sangat penting bagi perdagangan minyak dunia dan juga rentan terhadap penyumbatan atau serangan bajak laut. Gangguan ini berperan dalam menaikkan harga minyak. Minyak mentah berjangka Brent, patokan global, melonjak 1,2% pada hari Rabu, melampaui $80, setelah turun di bawah $74 seminggu sebelumnya. Kenaikan harga yang berkelanjutan pada akhirnya dapat mempengaruhi biaya energi konsumen, sehingga berpotensi memberikan kontribusi terhadap tekanan inflasi.

Pekan lalu, dua rudal yang ditembakkan dari wilayah yang dikuasai pemberontak Houthi gagal mengenai sebuah kapal tanker komersial yang memuat bahan bakar jet buatan India di dekat Selat Bab el-Mandeb.

Dunia usaha, termasuk produsen mobil besar, memantau situasi ini dengan cermat untuk menilai potensi dampak terhadap rantai pasokan mereka, lapor outlet berita tersebut.

Namun, gangguan ini diperkirakan tidak akan berdampak pada industri ritel pada Natal ini karena stok akan terakumulasi dalam beberapa minggu atau bulan ke depan, memastikan produk sudah tersedia di toko-toko.

 
Berita Terpopuler