Sir Jim Ratcliffe Ingin Antarkan MU Kembali ke Puncak Sepak Bola Inggris dan Eropa

Sir Jim Ratcliffe akhirnya menjadi bagian dari pemilik MU dengan 25 persen saham.

AP Photo/Matt Dunham
Sir Jim Ratcliffe, pemilik baru saham minoritas Manchester United (MU) sebesar 25 persen..
Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe akhirnya menjadi bagian dari pemilik Manchester United (MU) setelah mendapatkan saham klub Liga Primer Inggris tersebut sebanyak 25 persen. Ketertarikan Ratcliffe pada olahraga - dan sepak bola khususnya - sudah berlangsung lama. 

Baca Juga

Pemilik perusahaan petrokimia raksasa berusia 71 tahun ini telah menjadi penggemar United sejak kecil, dan para pendukung akan menyukai ambisinya.

"Kita semua ingin melihat Manchester United kembali ke tempat yang seharusnya, di puncak sepak bola Inggris, Eropa, dan dunia," kata Ratcliffe pada Ahad (24/12/2023) setelah kesepakatan diumumkan.

Pengumuman ini muncul setelah pergerakan di tempat lain di sepak bola Eropa yang bisa membuat Ratcliffe mengambil alih salah satu rival utama MU di Liga Primer Inggris baru-baru ini pada tahun lalu. Ratcliffe, salah satu orang terkaya di Inggris, awalnya ingin membeli saham pengendali Glazers sekitar 69 persen, tapi akhirnya setuju hanya menjadi pemegang saham minoritas.

Dia harus menghadapi persaingan dari bankir Qatar, Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, yang mengundurkan diri pada bulan Oktober dari proses penawaran setelah gagal menyepakati pengambilalihan secara keseluruhan.

Ratcliffe secara mengejutkan mengajukan penawaran mendadak untuk Chelsea pada 2022, meskipun tidak terlibat dalam proses penawaran selama berbulan-bulan. Sebuah konsorsium yang dipimpin oleh Todd Boehly dan Clearlake Capital telah mengalahkan pesaingnya - seperti pemilik Chicago Cubs, keluarga Ricketts, dan salah satu pemilik Boston Celtics, Steve Pagliuca - untuk melakukan pembicaraan eksklusif untuk membeli mantan pemilik Chelsea, Roman Abramovich, saat Ratcliffe melakukan langkah tersebut.

Meskipun dukungannya yang sudah lama terhadap MU telah dipublikasikan dengan baik, Ratcliffe bersikeras bahwa ketertarikannya sangat serius untuk Chelsea.

"Kami orang Inggris dan memiliki niat besar untuk Chelsea," katanya saat itu. Pada akhirnya, tawarannya datang terlambat untuk mengganggu pengambilalihan Boehly dan Clearlake.

Pada tahun yang sama...

Pada tahun yang sama, Ratcliffe mengumumkan bahwa ia tertarik untuk membeli MU saat rumor penjualan Glazer muncul. Dia kemudian mengubah pendiriannya.

"Posisi kami telah berkembang sejak musim panas dan kami sekarang memfokuskan upaya kami di Nice dan meningkatkan ambisi kami untuk klub, membuat mereka menjadi klub papan atas di Prancis bersaing dengan PSG," kata INEOS dalam sebuah pernyataan. "Ini akan mewakili nilai yang jauh lebih baik untuk investasi kami daripada membeli salah satu klub papan atas Liga Primer."

Kemudian muncul pengumuman dari Glazers bahwa mereka akan terbuka untuk menjual, dan Ratcliffe meluncurkan tawaran untuk membeli saham orang Amerika tersebut.

Sementara Ratcliffe ditugaskan untuk membantu membuat MU kembali kompetitif di Liga Primer, kompetisi yang pernah mereka dominasi pada era 1990-an dan awal 2000-an, Nice tampil mengesankan di selatan Prancis.

Ratcliffe menyelesaikan pengambilalihan Nice empat tahun lalu. Setelah beberapa musim yang tidak konsisten. Nice di bawah asuhan pelatih asal Italia Francesco Farioli, menantang juara bertahan Paris Saint-Germain. Nice berada di urutan kedua di Liga Perancis, lima poin di belakang pemimpin klasemen PSG setelah 17 putaran. Jadi Nice dapat secara realistis menargetkan tempat kedua dan tempat otomatis di Liga Champions musim depan.

Namun hal tersebut dapat menjadi masalah. Peraturan UEFA yang berlaku selama lebih dari 20 tahun tidak memperbolehkan dua klub di mana pemilik yang sama memiliki "pengaruh yang menentukan" atas bagaimana mereka dijalankan untuk keduanya masuk ke kompetisi Eropa jika mereka dapat bertemu di titik mana pun pada musim ini.

Jika kedua tim lolos ke Liga Champions, prioritas diberikan kepada tim yang finis lebih tinggi di liga domestik. Dalam performa saat ini, itu adalah Nice.

Entri pertama Ratcliffe ke dalam kepemilikan klub sepak bola adalah Lausanne-Sport pada tahun 2017. INEOS telah menjadi sponsor klub lokal di Swiss, di mana ia telah memindahkan sebagian bisnisnya pada tahun 2010.

 

Ambisi...

Ambisi manajemen INEOS untuk klub papan atas Swiss ini adalah untuk lolos ke kompetisi Eropa dan bekerja sama dengan akademi sepak bola di Afrika. Rekrutan pemain pertamanya adalah putra pesepakbola hebat Zinedine Zidane, Enzo. Lausanne saat ini berada di urutan ke-10 dalam liga yang kini beranggotakan 12 tim.

Ratcliffe juga sukses merambah dunia balap sepeda. Pada tahun 2019, Team Sky yang perkasa berubah menjadi Team INEOS (dan kemudian menjadi INEOS Grenadiers) setelah terjadi perubahan kepemilikan.

Tim ini tetap menjadi pemain utama di bawah Ratcliffe, meskipun dominasinya di Tour de France telah diakhiri oleh Jumbo-Visma dan UEA Team Emirates setelah INEOS terakhir kali memenangi perlombaan pada 2019 bersama Egan Bernal.

 

 
Berita Terpopuler