Berlari Agar tak Ketinggalan Sholat Berjamaah di Masjid, Apa Hukumnya?

Ada adab dalam mengikuti sholat berjamaah.

AP Photo/Vincent Thian
Warga Malaysia melakukan sholat jamaah saat unjuk rasa untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap rakyat Palestina di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa, (24/10/2023).
Rep: Umar Mukhtar Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian Muslim mungkin ada yang dihadapkan pada kondisi yang membuatnya terlambat dalam melaksanakan sholat berjamaah di masjid sejak awal. Sehingga mengharuskannya untuk berlari ke masjid untuk ikut sholat berjamaah sebelum sholat tersebut berakhir dengan salam.

Baca Juga

Dalam kondisi demikian, apakah dibolehkan berlari mengejar sholat berjamaah? Anggota Komisi Fatwa Dar Al Ifta Mesir Muhammad Abdul Sami menjelaskan ihwal hukum bagi sebagian Muslim yang berlari untuk ikut sholat berjamaah. Dia mengutip sebuah hadits Nabi Muhammad SAW.

"Beliau SAW telah mengajarkan adab kepada kita dalam mengikuti sholat berjamaah," jelasnya, dilansir Masrawy, Rabu (8/11/2023).

Berikut bunyi haditsnya:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي قَتَادَةَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ بَيْنَمَا نَحْنُ نُصَلِّي مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذْ سَمِعَ جَلَبَةَ رِجَالٍ فَلَمَّا صَلَّى قَالَ مَا شَأْنُكُمْ قَالُوا اسْتَعْجَلْنَا إِلَى الصَّلَاةِ قَالَ فَلَا تَفْعَلُوا إِذَا أَتَيْتُمْ الصَّلَاةَ فَعَلَيْكُمْ بِالسَّكِينَةِ فَمَا أَدْرَكْتُمْ فَصَلُّوا وَمَا فَاتَكُمْ فَأَتِمُّوا

Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Abu Qatadah RA, dari ayahnya, dia bercerita, "Ketika kami sholat bersama Nabi SAW, beliau mendengar suara gaduh orang-orang. Maka setelah selesai, beliau SAW bertanya, 'Ada apa dengan kalian?' Mereka menjawab, 'Kami tergesa-gesa mendatangi sholat.'"

Lalu, Nabi SAW bersabda...

 

Lalu, Nabi SAW bersabda, "Janganlah kalian berbuat seperti itu. Jika kalian datang (untuk melaksanakan) sholat, maka datanglah dengan tenang, apa yang kalian dapatkan dari sholat maka ikutilah, dan apa yang tertinggal maka sempurnakanlah." (HR. Bukhari)

Abdul Sami menambahkan penjelasannya terkait orang-orang yang berlari dan bergegas untuk ikut sholat berjamaah di masjid. Dia mengatakan hukum berlari karena takut ketinggalan sholat berjamaah adalah hal yang tidak dianjurkan dan merupakan perilaku yang tidak benar.

Karena itu, bila memang terlambat datang ke masjid untuk sholat berjamaah, maka datangnya dengan tenang lalu ikut gerakan imam sebagaimana apa adanya. Kemudian sempurnakan rakaat sholat yang tertinggal.

"Sunnah bagi seorang Muslim (dalam melaksanakan sholat) adalah bergerak dengan tenang selama perjalanan untuk menunaikan sholat berjamaah di masjid, yang tentunya di belakang imam. Jika terlambat, maka sempurnakan apa yang terlewat," jelasnya.

Infografis Rukun Sholat - (Dok Republika)

 
Berita Terpopuler