Ormas Islam Sepakat Serukan Boikot Produk-Produk Terkait Israel, Ini Sejumlah Alasannya  

Boikot produk Israel merupakan jihad ekonomi lawan zionis

muslimvillage.com
Boikot produk Israel (ilustrasi). Boikot produk Israel merupakan jihad ekonomi lawan zionis
Rep: Mabruroh Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Israel telah merebut dan menjajah tanah Palestina 75 tahun lamanya. Selama itu pula, Israel kerap melakukan tindakan represif di luar batas kemanusiaan, dan kini dunia menyebut Israel sebagai penjahat perang.

Baca Juga

Kebiadaban Israel membombardir Gaza membuat dunia geram. Serangan-serangan yang tanpa henti dari udara dan darat, telah meluluhlantakkan jalur Gaza dan membuat 8.400 orang syahid. Tetapi, apakah itu membuat Gaza menyerah? Tidak.

Serangan-serangan dan kejahatan perang Israel justru membuat geram sebagian besar masyarakat dunia dan meningkatkan seruan boikot di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Seruan-seruan boikot terhadap produk-produk Israel ini banyak disuarakan influencer-influencer Muslim atas kepedulian mereka terhadap rakyat Palestina. Gerakan BDS Indonesia pun terus memberikan edukasi-edukasi mengenai maksud dan tujuan dari gerakan tersebut. 

Dukungan boikot produk-produk Israel juga mendapatkan respons positif dari ormas Islam di Indonesia, antara lain Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), Persis, dan Al-Washliyah.

“Sekiranya kaum Muslimin mampu memboikot produk apapun dari kaum zionis Israel yang dengan produk-produk itu mereka meraup keuntungan untuk memperkuat negaranya menjajah Palestina, tentu saja sikap itu merupakan salah satu cara,” ujar Ketua Umum Persis Jeje Zaenudin kepada Republika.co.id, Rabu (1/11/2023).

“Jika tujuan boikot itu sebagai perlawanan dan jihad ekonomi menentang Israel, tentu saja sampai mereka mau berdamai dan menghentikan kejahatan mereka terhadap bangsa Palestina melawan mereka dan membela Palestina yang harus kita lakukan,” tambah ustadz Jeje.

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dadang Kahmad mengecam Israel atas tindakannya yang membombardir rakyat Palestina tanpa jeda.

Menurut Dadang, gerakan boikot produk Israel ini memang sudah sepantasnya dan seharusnya dilakukan oleh rakyat Indonesia, sebagai bentuk dukungan dan kepedulian kepada rakyat Palestina.

Baca juga: Daftar Produk-Produk Israel yang Diserukan untuk Diboikot, Cek Listnya Berikut Ini

“Baikot produk Israel sebagai bentuk pelampiasan kemarahan kepada Israel yang menjajah Palestina lebih dari 75 tahun, ditambah kekejaman mereka tanpa prikemanusiaan dan sekarang Israel menghancurkan Gaza dan penduduknya. Israel melakukan Genosida terhadap rakyat Palestina,” tegas Prof Dadang.

“Padahal Rakyat Palestina mengadakan perlawanan karena ingin lepas dari penjajahan sebagaimana rakyat Indonesia dulu ingin lepas dari penjajahan Belanda,” kata dia merespons serangan Hamas pada 7 Oktober lalu.

Ketua Umum Al-Washliyah, KH Masyhuril Khamis, mengatakan, bermuamalah atau jual beli hukumnya adalah mubah atau boleh, sekalipun jual beli dengan orang kafir. Tetapi muamalah itu menjadi haram apabila keuntungan dari muamalah itu digunakan untuk memerangi Muslim, sebagaimana Ibn hajar al asqalani dalam Fathul bari menukil perkataan ibn batthal, 

‎قال ابن بطال : « معاملة الكفار جائزة ، إلا بيع ما يستعين به أهل الحرب على المسلمين

“Bermuamalah dengan orang kafir hukumnya boleh, kecuali melakukan jual beli sesuatu yang kafir harbi gunakan untuk memerangi kaum muslimin."

Dalam Alquran juga kita diperintahkan untuk tidak saling menolong dalam keburukan. Menurut Kiai Masyhuril, berbelanja dari mereka yang memerangi saudara muslim di Palestina merupakan saling menolong dalam kemungkaran. Allah SWT berfirman:

‎وَتَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلۡبِرِّ وَٱلتَّقۡوَىٰۖ وَلَا تَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلۡإِثۡمِ وَٱلۡعُدۡوَ ٰ⁠نِۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَۖ إِنَّ ٱللَّهَ شَدِیدُ ٱلۡعِقاب

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksa-Nya.” (QS Al-Maidah ayat 2).

Peta Blokade Gaza - (Republika)
Peta Blokade Gaza - (Republika)
Peta Blokade Gaza - (Republika)

“(Jadi) Berkaitan dengan seruan boikot produk (Israel) tentu kita sepakat, sebab ini bagian respons kepedulian rakyat dunia untuk membantu saudara kita yang terjajah oleh Israel, caranya dengan gerakan memboikot,” tegas Kiai Masyhuril.

Baca juga: Alquran Bolehkan Nepotisme dari Kisah Nabi Musa Tunjuk Nabi Harun Asisten? Ini Kata Pakar

Ketua PBNU Bidang Keagamaan, KH Ahmad Fahrurozi  atau Gus Fahrur, menuturkan, memboikot produk-produk Israel adalah upaya kita dalam mendukung kemerdekaan Palestina yakni dengan cara memberikan tekanan melalui ekonomi Negara apartheid itu.

Memboikot produk Israel, kata Gus Fahrur, artinya umat Muslim berusaha menahan diri untuk tidak membeli produk dari perusahaan yang menjadi donatur bagi kejahatan-kejahatan perang Israel.

“Ya (boikot), ini salah satu upaya untuk mendukung kemerdekaan Palestina dengan jalan damai melalui tekanan ekonomi. Artinya kita menahan diri untuk tidak membeli produk perusahaan yang menjadi donatur penjajahan Israel,” ujar Gus Fahrur.

 

Apalagi kata dia, jika gerakan boikot ini dilakukan secara masif oleh masyarakat Internasional, tidak hanya Indonesia. Dengan begitu, ekonomi Israel akan tertekan dan Negara apartheid itu mau tunduk pada seruan PBB untuk gencatan senjata. “Kalau masyarakat internasional sepakat melakukan, pasti sangat terasa dampaknya bagi mereka (Israel),” kata Gus Fahrur.

Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Miftahul Huda, memboikot produk Israel merupakan bentuk perlawanan masyarakat dunia terhadap genosida Israel di Gaza, Palestina.

Tidak terkecuali di Indonesia, menurutnya hal ini juga harus dilakukan masyarakat Indonesia apabila ingin mendukung saudara Muslim mereka yang saat ini sedang dibombardir zionis Israel.

Baca juga: Perbedaan Mencolok Antara Miskin dan Kaya dalam Jalani Hisab Amal Kelak di Akhirat

“Pemboikotan produk Israel adalah salah satu bentuk perlawanan terhadap Israel. Pemboikotan menjadi salah satu strategi perang, harapannya adalah dapat mengurangi sumber daya kekuatan Israel. Maka Pemboikotan produk Israel perlu untuk dimassifkan agar kekuatan Israel dapat dilemahkan,” ujar Kiai Huda kepada Republika, Rabu (1/11/2023).

Selain itu, kiai Huda menilai,  apa yang telah dilakukan Israel kepada Rakyat Palestina, dengan pemboikotan sumber energi dan air tidak hanya menjadi masalah keagamaan dan kebangsaan, tetapi jauh melampaui batas kemanusiaan.

“Ini adalah tragedi kejahatan kemanusiaan. Artinya ini bukan kewajiban umat Islam saja untuk membantu saudaranya seagama tetapi semua agama terpanggil untuk membantu rakyat Palestina, di mana sudah lebih 8 ribu orang tidak berdosa mati terdzalimi oleh kejahatan Israel,” tegasnya.

Sebelumnya, kiai Huda juga menjelaskan bahwa secara hukum, memboikot itu sah dan dibolehkan, karena membeli sebuah produk adalah hak dan bukan kewajiban. Sehingga konsumen berhak menentukan pilihan, apakah membeli atau tidak. 

 

Jika dikaitkan dengan penyerangan Israel terhadap Palestina, maka seruan memboikot produk-produk Israel dapat dijadikan sebagai upaya perlawanan terhadap kekuatan zionis Israel. Karena upaya untuk menyerang tidak hanya dengan tembakan rudal dan senapan, tetapi perang narasi di media digital dan perang ekonomi pun bisa dilakukan.  

Negara-negara yang abstain, mendukung, dan menolak resolusi gencatan senjata di Gaza. - (Tim Infografis Republika.co.id)
Negara-negara yang abstain, mendukung, dan menolak resolusi gencatan senjata di Gaza. - (Tim Infografis Republika.co.id)

 
Berita Terpopuler