Timnas U-17 Imbang 1-1 Lawan SV Hemsen, Pemain Akui Masih Banyak Kesalahan

Timnas U-17 Indonesia masih menyisakan satu laga uji coba vs FC Koln.

Dok PSSI
Timnas Indonesia U-17 berlatih di Jerman.
Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-17 bermain imbang 1-1 menghadapi SV Meppen U-17 di Lapangan SV Hemsen, Meppen, Jerman, Selasa (17/10/2023) waktu setempat. Ini menjadi uji coba kelima bagi skuad asuhan Bima Sakti selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Jerman.

Dengan suhu di bawah 8 derajat Celcius, Iqbal Gwijangge dkk memulai laga dengan intensitas sedang. Sepuluh menit pertama berlalu tanpa ada ancaman berarti dari kedua tim. Bahkan, hingga menit ke-30, tim asuhan itu Bima Sakti masih harus berjuang untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Afrisal dan Rahman, keduanya sama-sama mencoba tendangan jarak jauh, namun masih melebar dari gawang lawan. Kedua tim kesulitan mencetak gol sampai babak pertama usai.

Baca Juga

Pada babak kedua, Bima Sakti mengganti beberapa pemain guna meningkatkan intensitas serangan. Terbukti permainan Garuda Muda di babak kedua menunjukkan perubahan. Indonesia beberapa kali tampil agresif untuk membongkar pertahan lawan. Salah satunya peluang dari sundulan Kaka hasil umpan lambung dari sisi kanan, namun melebar tipis dari gawang.

Pada menit ke-80, SV Meppen berhasil mencetak gol melalui tendangan keras di dalam kotak penalti. Namun, tanpa butuh waktu lama, pada menit ke-90, Amar Rayhan Brkic berhasil menyamakan kedudukan sekaligus menjadi gol pertama baginya ketika memakai jersy timnas Indonesia U-17. Beberapa menit kemudian, wasit meniupkan peluit panjang. Pertandingan ditutup dengan skor imbang 1-1.

Pemain belakang timnas U-17, Tonci Shouter mengungkapkan pemain sudah bekerja keras, namun masih banyak yang harus dievaluasi. "Tapi, menurut saya banyak evaluasi karena banyak kesalahan dasar yang dilakukan, seperti passing dan kontrol yang harus diperbaiki untuk ke depannya," kata Tonci.

Amar Rayhan Brkic yang mencetak gol di pertandingan tersebut mengungkapkan rasa senangnya. "Sangat senang seusai cetak gol perdana bagi Indonesia, sangat emosional bagi saya, saya tidak bisa kontrol perasaan saya. Luar biasa sekali untuk saya" kata Amar.

Timnas U-17 Indonesia masih menyisakan satu pertandingan uji coba lagi sebelum balik ke Indonesia, yakni melawan FC Koln.

 
Berita Terpopuler