Kaesang Targetkan PSI Lolos Parlemen di Pemilu 2024

Putra bungsu Jokowi Kaesang Pangarep menargetkan PSI lolos ke parlemen di Pemilu 2024

Republika/Prayogi
Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie memberikan Surat Keputusan (SK) kepada Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. Putra bungsu Jokowi Kaesang Pangarep menargetkan PSI lolos parlemen di Pemilu 2024.
Rep: Nawir Arsyad Akbar Red: Bilal Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep resmi menerima mandat Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang menunjuknya sebagai Ketua Umum PSI periode 2023-2028. Ia langsung memasang target agar PSI lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold sebesar 4 persen pada pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Baca Juga

"Saya seorang yang optimistis, target saya Insya Allah PSI lolos parliamentary threshold 4 persen dan PSI ada di Senayan di 2024," ujar Kaesang dalam pidato pertamanya sebagai Ketua Umum PSI, Senin (25/9/2023) malam.

Rasa optimistisnya itu bukan tanpa alasan, sebab pemilih PSI sangat jelas, yaitu para nasionalis berjiwa muda. Mereka orang-orang muda yang sudah bosan dengan praktik korupsi dan diskriminasi.

Ia juga yakin para pemilih Jokowi pada pemilihan presiden (Pilpres) 2014 dan 2019 juga akan mendukung PSI. Sebab visi dan misi partainya sama dengan yang digaungkan oleh ayahnya tersebut.

"Saya minta bantuan kerja sama dan dukungan para relawan dan pendukung. Saya minta ya dukungan para relawan dan pendukung Pak Jikowi yang belum terafiliasi dengan partai tertentu agar menjadikan PSI sebagai rumah perjuangan bersama," ujar Kaesang.

"Rumah yang ramah bagi para nasionalis muda, demi Indonesia maju," sambungnya.

Di samping itu, PSI dipandangnya sebagai partai dengan idealisme dan integritas yang kokoh dan konsisten dalam perjuangan anak muda. Namun, hal tersebut tentu membutuhkan kekuatan yang sangatlah besar, khususnya dalam menghadapi Pemilu 2024.

Ia pun kerap menerima pertanyaan, mengapa ia memilih PSI yang notabenenya adalah partai kecil yang belum lolos ke parlemen. Namun, hal tersebutlah yang menjadi alasannya, karena ia ingin membesarkan partai tersebut.

"Insya Allah saya siap memimpin konsilidasi PSI ke seluruh Nusantara. Saya sadar, jalan yang saya pilih tidak mudah, tapi ini jalan yang saya pilih, jalan yang saya percaya akan membawa kita ke masa depan yang lebih baik," ujar Kaesang.

 
Berita Terpopuler