Anies Baswedan Sebut Presiden RIS Mr Assaat, Ini Faktanya dan Nama Negara-Negaranya

Benarkah Mr Assaat persiden Republik Indonesia Serikat seperti yang disebut oleh Anies Baswedan? Lalu ANies menyebut Republik Indonesia hanya wilayah kecil dari Republik Indonesia Serikat. Mana saja yang termasuk wilayah Republik Indonesia?

network /oohya! I demi Indonesia
.
Rep: oohya! I demi Indonesia Red: Partner

Negara-negara bagian di Republik Indonesia Serikat. Peta diambil dari buku De Dekolonisatie van Indonesia karya Mr Dr C Smit.

Hari-hari ini masih beredar potongan pendek video ceramah Anies Baswedan di FISIP Universitas Indonesia pada 29 Agustus 2023. Dalam kuliah kebangsaan itu, Anies menyebut Republik Indonesia (RI) pernah menjadi wilayah kecil di Republik Indonesia Serikat (RIS).

Namun saat menyebut nama presiden republik Indonesia dan Republik Indonesia Serikat, ia salah nama. Mr Assaat ia sebut sebagai presiden Republik Indonesia Serikat, sedangkan SUkarno ia sebut sebagai presiden Republik Indonesia. Yang benar adalah: Mr Assaat menjadi pemangku jabatan presiden Republik Indonesia, sedangkan Sukarno menjadi presiden Republik Indonesia Serikat.

Republik Indonesia Serikat dibentuk pada 27 Desember 1949 sebagai hasil dari Konferensi Meja Bundar. Setelah Indonesia diproklamasikan pada 17 Agustus 1945 dan Republik Indonesia dibentuk pada 18 Agustus 1945, banyak tokoh-tkoh daerah yang memmilih memenuhi keinginan Belanda, memerdekakan diri di bawah pengaruh Belanda. Maka, batas wilayah yang semula ditetapkan di sidang PPKI mencakup wilayah dari Sabang sampai Merauke, pelan-pelan hanya tinggal sedikit.

Wilayah Papua masih di bawah kekuasaan Belanda, wilayah Timor Timur berada di bawah keuasaan Portugis. Republik Indonesia tinggal memiliki wilayah di Jawa Tengah,bagian timur, Yogyakarta, Jawa Timur bagian barat, dan wilayah Banten (dulu wiayah Jawa Barat bagian barat), serta di Sumatra minus Sumatra Timur, Sumatra Selatan, Bangka, Belitung, Riau.

Wilayah Indonesia yang dimerdekakan pada 17 Agustus 1945 kemduian terbagi dalam beberapa negara. Jakarta juga tidak lagi menjadi wilayah Republik Indonesia, karena setelah dikuasai Belanda, oleh Belanda ditetapkan sebagai distrik federal Jakarta. Republik Indonesia Serikat berdiri hingga 15 Agustus 1950, kemudian menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Negara-negara yang terbentuk setelah kemerdekaan Indonesia adalah:

- Dayak Besar, terbentuk pada 7 Desember 1946

- Indonesia Timur, terbentuk pada 24 Desember 1946

- Kalimantan Tenggara, terbentuk pada8 Januari 1947

- Kalimantan Timur, terbentuk pada 12 April 1947

- Kalimantan Barat, terbentuk pada 12 Mei 1947

- Bangka, terbentuk pada 12 Juli 1947

- Belitung, terbentuk pada 12 Juli1947

- Riau, terbentuk pada 12 Juli1947

- Sumatra Timur, terbentuk pada 25 Desember 1947

- Banjar, terbentuk pada 14 Januari 1948

- Madura, terbentuk pada 20 Februari1948

- Pasundan, terbentuk pada 24 April 1948

- Sumatra Selatan, terbentuk pada 30 Agustus 1948

- Jawa Timur, terbentuk pada 26 November 1948

- Jawa Tengah, terbentuk pada 29 Februari 1949

Priyantono Oemar

Sumber rujukan:

De Dekolonisatie van Indonesie karya Mr Dr C Smit (1976).

 
Berita Terpopuler