Pemain Liga Inggris Ingin Bela Timnas Indonesia, Shin akan Konsultasi ke Erick Thohir

Shin mengaku akan melihat terlebih dahulu kualitas Nathan.

Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong .
Rep: C02 Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong memberi respons terkait kabar salah satu ketertarikan pemain klub Inggris Swansea City, Nathan Tjoe-A-On, untuk menjadi pemain naturalisasi. Nathan merupakan pemain baru yang dihadirkan Swansea City dari klub Eredivisie Belanda, Excelsior.

Dari Transfermarkt.com, pemain asal Belanda tersebut dibanderol dengan harga 500 ribu euro. Pemain berumur 21 tahun tersebut mempunyai postur yang mantap sebagai bek dengan tinggi 1,82 meter. Ia juga dapat berperan sebagai bek tengah maupun sayap kiri.  

Kemungkinan Nathan dinaturalisasi lantaran dirinya memiliki kakek asal Indonesia. Tepatnya sang ayah dan ibunya berasal dari Semarang, Jawa Tengah.

Hal ini memungkinkan Nathan untuk dinaturalisasi. Apalagi sejak moncer bersama Excelsior pada 2020-2021 lalu, Nathan belum pernah membela timnas Belanda.


Baca Juga

Menanggapi hal tersebut, Shin Tae-yong mengatakan, belum akan membuat keputusan apa pun meskipun Nathan mengungkapkan ketertarikan pindah kewarganegaraan. Salah satu alasannya lantaran belum melihat langsung pemain tersebut.

"Pemain tersebut memang tertarik untuk naturalisasi dan sepakat atau setuju untuk pindah kewarganegaraan. Tapi saya tidak akan memutuskan sebelum saya melihat langsung permainannya seperti apa dan pemainnya seperti apa," kata Shin Tae-yong, Selasa (5/9/2023).

Shin mengaku akan melihat terlebih dahulu kualitas Nathan. Setelah itu, ia akan berkoordinasi dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk membuat keputusan selanjutnya, baik mengurus kewarganegaraan dan sebagainya.

"Setelah mengecek mainnya seperti apa, akan dibicarakan dengan Pak Erick Thohir, kemudian diputuskan selanjutnya," kata Shin menjelaskan.

 
Berita Terpopuler