Shin Tae-Yong tak Mau Pusing dengan Pemain yang Belum Gabung TC Timnas U-23

Enam pemain belum bergabung TC Timnas U-23.

Republika/Putra M. Akbar
Pelatih Timnas Indonesi Shin Tae-Yong (tengah) memberikan pengarahan kepada pesepakbola Timnas U-23 saat latihan di Lapangan A, Senayan, Jakarta, Kamis (10/8/2023). Timnas U-23 melaksanakan latihan perdana jelang Piala AFF U-23 2023 yang dihadiri 17 pemain dan enam pemain absen.
Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong tak mau lagi dipusingkan dengan pemain yang terlambat datang ke pemusatan latihan (TC) Timnas menjelang Piala AFF U-23 2023 pada 17-26 Agustus 2023. Latihan perdana digelar di Lapangan A Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (10/8/2023), tapi enam dari 23 pemain belum bisa bergabung karena belum dilepas oleh klub mereka masing-masing. 

Baca Juga

Adapun enam pemain tersebut antara lain Alfeandra Dewangga, Kadek Arel, Muhammad Adi Satryo, Rizky Ridho, Dzaky Asraf, dan Beckham Putra. Meskipun para pemain tersebut memegang peran yang cukup penting dalam kerangka tim, Shin Tae-yong memilih untuk mulai fokus dengan pemain yang ada mengingat persiapan semakin mepet.

"Memang ada beberapa pemain yang belum datang, dengan pemain yang ada di sini, harus bisa membentuk yang baik dan organisasi baik," kata Shin Tae-yong usai memimpin latihan, Kamis (10/8/2023). "Kami tidak tahu kapan mereka datang, saya tidak mau stress karena pemain yang belum datang," ujarnya menambahkan. 

Ia mengakui persiapan tidak cukup untuk turnamen dua tahunan antar negara-negara di kawasan Asia Tenggara itu. Ssbab itu, pelatih asal Korea Selatan tersebut mengungkapkan persiapan yang dilakukan saat ini lebih berfokus pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung pada 6-12 September 2023.

"Persiapan ini akan fokus ke Kualifikasi Piala Asia U-23 September, dengan pemain yang ada saya akan coba memaksimalkan, dan akan cari juga pemain yang baru untuk Kualifikasi Piala Asia U-23," kata Shin Tae-yong.

Di sisi lain, Shin mengatakan menu latihan yang diberikan kepada pemain pada latihan perdana ini hanya latihan pemulihan ringan. Menurutnya dengan waktu yang sangat mepet, maka tidak ada kesempatan untuk memberikan menu latihan fisik. Ia akan melompat pada latihan organisasi.

"Pastinya tidak ada waktu untuk latihan fisik ya, pastinya akan fokus ke latihan organisasi. Tetapi saya juga belum tahu kapan pemain-pemain akan kumpul semuanya. Mungkin bisa melakukan program latihan dengan normal itu nanti di Thailand," ujarnya menjelaskan.

 

 
Berita Terpopuler