Isak Tangis Penggemar Iringi Jenazah Sinead O'Connor Sebelum Disholatkan

Syekh Al Qadri dari Pusat Islam Irlandia memimpin pemakaman Sinead O Connor alias Shuhada Sadaqat.

network /Ani Nursalikah
.
Rep: Ani Nursalikah Red: Partner

Ribuan penggemar Sinead O'Connor atau Shuhada Sadaqat berbaris di jalan-jalan saat menyaksikan proses pemakamannya di County Wicklow, Irlandia, Selasa (8/8/2023). Foto: Liam McBurney/PA via AP

MAGENTA -- Cendekiawan Islam dan Kepala Imam di Pusat Islam Irlandia Syekh Umar Al Qadri memimpin prosesi pemakaman untuk penyanyi mualaf Sinead O'Connor. Dia mengatakan menjadi kehormatan baginya menjadi bagian dari acara tersebut.

Syekh Al Qadri mengatakan ia bertemu dengan bintang tersebut pada 2018. Dia sangat berterima kasih atas kesempatan untuk merayakan hidup O'Connor.

BACA JUGA: Pesan Menyentuh Sinead O'Connor Jelang Wafatnya, Ungkap Perasaan tentang Putranya yang Bunuh Diri

.

“Hari ini, saya sangat berterima kasih atas kesempatan memimpin doa pemakaman Muslim untuk putri Irlandia, Sinead O'Connor alias Shuhada Sadaqat. Saya menyampaikan penghargaan tulus kepada keluarga karena mengakui dan merangkul identitas Muslimnya,” ujarnya, dikutip di Belfast Telegraph, Selasa (8/8/2023)

Banyak penggemar ikut menyanyikan lagu-lagunya, sementara yang lain menyeka air mata. Ribuan orang berkumpul di luar bekas rumah tepi laut O'Connor. Mereka mengucapkan selamat tinggal kepada bintang rock Irlandia yang blak-blakan itu.

Beberapa penggemar bernyanyi bersama dengan lagu-lagu hits dari van kemping Volkswagen antik. Penggemar yang lain menghujani mobil jenazahnya dengan bunga.

O'Connor yang memiliki nama Islam Shuhada' Sadaqat terkenal karena hitnya yang memuncaki tangga lagu 1990 "Nothing Compares 2 U" dan pandangannya yang kontroversial tetapi seringkali tepat tentang agama, seks, dan feminisme. Ia meninggal pada 26 Juli dalam usia 56 tahun setelah polisi menemukannya tidak responsif di London.

Massa berkumpul di sepanjang pinggir laut di Bray, tepat di selatan Dublin. Mereka bertepuk tangan dan bersorak saat peti mati O'Connor lewat dengan mobil jenazah. Van VW di depan mobil jenazahnya memimpin dan memutar "Natural Mystic" Bob Marley dari speaker yang dipasang di atap.

BACA JUGA: Siapa Pencipta Lagu 'Nothing Compares 2 U' yang Dinyanyikan Sinead O'Connor?

Ucapan terima kasih penggemar...


Ucapan Terima Kasih Penggemar

Ribuan penggemar Sinead O'Connor atau Shuhada Sadaqat berbaris di jalan-jalan saat menyaksikan proses pemakamannya di County Wicklow, Irlandia, Selasa (8/8/2023). Foto: Liam McBurney/PA via AP

"Saya pikir dia memiliki keberanian untuk mengatakan banyak hal yang kita semua rasakan," kata Gemma Byrne (47 tahun) yang naik kereta selama 90 menit dari kota Drogheda untuk memberikan penghormatan, dilansir di The New Arab, Selasa (8/8/2023).

"Dia mewakili transisi kita dari masa lalu yang sangat gelap ke masa depan yang penuh harapan. Saya di sini hanya untuk mengucapkan terima kasih karena telah bersama saya sepanjang perjalanan itu," katanya.

BACA JUGA: Bacaan Doa Iftitah Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahan

.

Dua teman Byrne mengibarkan bendera merah besar bertuliskan "Terima Kasih Sinead". Yang lain berdiri dengan kereta dan anjing, beberapa memanjat tembok untuk mendapatkan pemandangan yang lebih baik, dan penduduk setempat menonton dari balkon.

Seorang penggemar memegang foto hitam-putih O'Connor dengan kata-kata "Fight The Real Enemy," deklarasi yang dibuat penyanyi itu setelah merobek foto Paus Yohanes Paulus II selama penampilan televisi pada 1992 di Saturday Night Live.

"Sinead senang tinggal di Bray dan orang-orang di dalamnya," demikian pernyataan keluarganya yang mengundang publik untuk berkumpul sebelum pemakaman pribadinya.

Presiden Irlandia Michael D. Higgins dan perdana menteri Leo Varadkar bergabung dengan keluarga O'Connor dalam upacara pemakaman pribadi.

BACA JUGA:

Benarkah Sunan Ampel, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Jati Keturunan Tionghoa?

Kisah Nabi Musa AS Menampar Malaikat yang Ingin Mencabut Nyawanya

Tata Cara Sholat Fardhu Lengkap, Muslim Wajib Tahu

Pernah Ditanya Soal Perbedaan Waktu Hari Raya, Ini Jawaban Buya Hamka

Kisah Soedirman: Guru SD yang Jadi Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat

 
Berita Terpopuler