3 Kali Tiupan Sangkakala Mengawali Kiamat, Berapa Jarak Waktunya?

Tiupan sangkakala pertama akan membuat semua alam semesta dan isinya terkejut.

republika
Tanda-tanda kiamat yang sudah terjadi.
Rep: Andrian Saputra Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kiamat dimulai dengan ditiupnya sangkakala (Ash Shur) oleh malaikat Israfil. Maka, ada tiga kali tiupan sangkakala. Tiupan sangkakala pertama akan membuat semua alam semesta dan isinya terkejut (Al faz'u).

Allah SWT berfirman:

وَيَوْمَ يُنْفَخُ فِي الصُّورِ فَفَزِعَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ۚ وَكُلٌّ أَتَوْهُ دَاخِرِينَ

Artinya: Dan (ingatlah) hari (ketika) ditiup sangkakala, maka terkejutlah segala yang di langit dan segala yang di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri. (Alquran surat An Naml ayat 87).

Setelah tiupan pertama, ada tiupan kedua yang membuat semua makhluk mati (ash sha'iq). Lalu, tiupan ketiga di mana semua manusia yang telah mati dibangkitkan lagi (qiyam). Sebagaimana firman Allah SWT:

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ

Artinya: Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannnya masing-masing). (Alquran surat Az Zumar ayat 68).

Meski sebagian ulama berpendapat bahwa tiupan sangkakala malaikat israfil hanya terjadi dua kali, yakni membuat terkejut semua makhluk sehingga semuanya hancur dan mati dan yang kedua tiupan kebangkitan (qiyam).

Baca Juga

Pertanyaan berapa lama jarak waktu masing-masing tiupan...

Pertanyaan berapa lama jarak waktu masing-masing tiupan sangkakala malaikat israfil. Terdapat sebuah hadits yang menjelaskan tentang jarak waktu tiupan sangkakala malaikat israfil dari yang satu ke yang lainnya. Rasulullah menjelaskan jaraknya adalah empat puluh. Namun, tidak ada disebutkan spesifik apakah empat puluh hari, empat puluh bulan atau empat puluh tahun. Hal ini menjadi rahasia Allah apakah itu berarti empat puluh hari, empat puluh bulan, atau empat puluh tahun.

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَا بَيْنَ النَّفْخَتَيْنِ أَرْبَعُوْنَ قِيْلَ أَرْبَعُوْنَ يَوْمًا قَالَ أَبُوْ هُرَيْرَةَ :أَبَيْتُ قَالُوْا: أَرْبَعُوْنَ شَهْرًا قَالَ أَبَيْتُ قَالُوْا : أَرْبَعُوْنَ سَنَةً قَالَ أَبَيْتُ ثُمَّ يَنْزِلُ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَيَنْبُتُوْنَ كَمَا يَنْبُتُ الْبَقْلُ وَلَيْسَ مِنَ الإِنْسَانِ شَيْءٌ لاَ يُبْلَى إِلاَّ عَظْمٌ وَاحِدٌ وَهُوَ عَجْبُ الذَّنَبِ مِنْهُ يُرَكَّبُ الْخَلْقُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ رواه البخاري ومسلم

Artinya: Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda: “Jarak antara dua tiupan sangkakala itu empat puluh.” Ada yang bertanya: “Empat puluh hari?” Abu Hurairah menjawab: “Aku tidak peduli,” lalu mereka bertanya: “Empat puluh bulan?” Beliau menjawab: “Aku tidak peduli,” mereka bertanya lagi: “Empat puluh tahun?” Dia menjawab,”Aku tidak peduli.” Kemudian turunlah hujan dari langit, lalu mereka tumbuh seperti tumbuhnya sayuran. Semua bagian manusia akan hancur, kecuali satu tulang, yaitu tulang ekor. Darinya (tulang ekor) manusia diciptakan pada hari Kiamat. (HR al Bukhari dan Muslim).

 
Berita Terpopuler