Ini Tips dan Trik Susun Proposal Bisnis Versi BSI Entrepreneur Center

Tujuan utama penyusunan proposal bisnis adalah tingkatkan pemasukan dana.

Dok. Universitas BSI
BSI Entreopreneur Center memberikan sejumlah tips dan trik dalam menyusun proposal bisnis.
Red: Nora Azizah

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Proposal bisnis atau proposal usaha adalah dokumen tertulis yang dibuat oleh pemilik usaha, berisi gambaran lengkap tentang seluruh aspek terkait dengan bisnis yang dijalankan, termasuk aspek internal dan eksternal yang realistis sesuai dengan fakta. Tujuan utama dari penyusunan proposal bisnis adalah untuk meningkatkan pemasukan dana bagi perusahaan. 

Baca Juga

Proposal ini digunakan untuk meyakinkan calon pelanggan atau klien agar memilih produk atau usaha yang dimiliki pemilik usaha daripada pesaing lainnya. Berikut beberapa tips dan trik untuk menyusun proposal bisnis agar menjadi proposal yang baik dan menarik, antara lain:

1. Proposal harus memiliki tujuan yang jelas.

2. Memuat elemen utama proposal bisnis, seperti judul, kata pengantar, daftar isi, abstraksi, dan isi proposal yang mencakup profil perusahaan, struktur organisasi, produk yang dijual, Business Model Canvas (BMC), penetapan harga, serta syarat join bisnis dan perjanjian.

3. Tidak membingungkan klien, sehingga mudah dipahami.

4. Proposal ditujukan untuk audiens global, sehingga bahasa yang digunakan harus mudah dimengerti.

5. Kemas proposal dengan baik dan berikan desain yang menarik untuk meningkatkan daya tariknya.

 

Recha Abriana Anggraini, selaku Koordinator BEC (BSI Entrepreneur Center) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tasikmalaya, mengatakan bahwa mengingat pentingnya proposal bisnis bagi seorang wirausaha, BEC sering memberikan pembinaan dan pengarahan tentang tata cara penyusunan proposal bisnis kepada seluruh mahasiswa guna mendukung kelangsungan dan perkembangan bisnisnya.

“Universitas BSI kampus Tasikmalaya melalui BEC dan Incubator Center (IC) terus berkomitmen mendukung mahasiswa dan alumni yang berjiwa entrepreneurship dengan memberikan pengarahan dan pembinaan dalam penyusunan proposal bisnis yang menarik,” katanya.

Ia memaparkan, dalam mendukung mahasiswa dan alumni dalam bidang entrepreneurship, Universitas BSI kampus Tasikmalaya menyediakan berbagai panduan dan dukungan dalam menyusun proposal bisnis yang komprehensif dan efektif untuk memenangkan kepercayaan klien dan memajukan bisnis mereka.

 
Berita Terpopuler