Survei LSI: Duet Ganjar-Erick di Posisi Pertama Simulasi Tiga Pasangan

Ganjar-Erick Thohir 34 persen unggul atas Prabowo-Muhaimin 30,7 persen.

Dok. Web
Dalam simulasi tiga nama pasangan presiden dan wakil presiden, pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir berada di posisi pertama. (ilustrasi)
Rep: Ronggo Astungkoro Red: Gita Amanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei yang terkait dengan peta kompetisi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dalam simulasi tiga nama pasangan presiden dan wakil presiden, pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir berada di posisi pertama, unggul dari pasangan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar dan Anies Baswedan-Khofifah Indar Parawansa.

Baca Juga

“Ganjar-Erick Thohir 34 persen unggul atas Prabowo-Muhaimin 30,7 persen, sementara Anies-Khofifah 21 persen. Sekitar 14,2 persen belum menunjukkan pilihannya,” kata Direktur LSI Djayadi Hanan dalam rilisnya, Selasa (11/6/2023).

Diketahui tren elektabilitas Ganjar dan Erick terus mengalami kenaikan. Dalam survei kali ini, elektabilitas sebagai capres pria yang kini masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah itu sebesar 32,2 persen. Dia hanya kalah tipis dari Prabowo yang saat ini masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

Sementara Erick sebagai capres selalu berada di posisi pertama dalam berbagai simulasi. Sosok Menteri BUMN itu berhasil unggul dari Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono, hingga Gibran Rakabuming Raka dan Khofifah Indar Parawansa. 

Survei nasional LSI diselenggarakan pada tanggal 1-8 Juli 2023. Populasi survei itu adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 83 persen dari total populasi nasional.

Kemudian, pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.242 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Adapun margin of error survei diperkirakan lebih kurang 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

 
Berita Terpopuler