Ini Hasil Undian Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia di Grup Berat

Indonesia berada di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Republika/Edwin Dwi Putranto
Pesepak bola Timnas Indonesia saat melawan Timnas Irak dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). Timnas Indonesia kalah dengan skor 0-2.
Rep: Fitriyanto Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Undian Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di AFC Headquarter, Kuala Lumpur, Kamis (27/6/2024) siang baru saja berakhir. Drawing ini dibantu mantan pemain timnas Jepang Shinji Okazaki dan mantan bintang Iran Mehdi Mahdavikia yang pernah merasakan berlaga di Piala Dunia.

Timnas Indonesia akan tergabung di Grup C bersama lima tim tangguh lainnya dari Asia, yakni Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Dari grup ini, empat tim pernah merasakan berlaga di putaran final Piala Dunia, yakni Jepang, Australia, Arab Saudi, dan China.

Pertandingan pertama timnas Indonesia akan berlangsung pada 5 September 2024 bertandang ke markas Arab Saudi. Laga kedua skuad Garuda digelar lima hari kemudian di kandang melawan Australia.

Setelah itu, pertandingan ketiga dan keempat dijalankan pada 10 dan 15 Oktober. Berikutnya laga kelima dan keenam berlangsung 14 dan 19 November 2024.

Perjuangan Indonesia kembali berlanjut pada 10 dan 25 Maret 2025 pada laga ketujuh dan kedelapan. Akhir perjalanan skuad Merah Putih berlangsung pada 5 dan 10 Juni 2025.

Pada babak ketiga ini, diambil dua tim terbaik masing-masing grup untuk lolos langsung ke Piala Dunia 2026. Namun tim peringkat ketiga dan keempat masing-masing grup yang berjumlah enam tim masih berpeluang lolos di putaran keempat.

Pada babak keempat, keenam tim ini dibagi ke dalam dua grup untuk bertanding setengah kompetisi di tempat netral. Peringkat satu dari tiap grup akan lolos ke Piala Dunia FIFA 2026.

Runner up...

Runner-up masing-masing grup maju ke babak kelima untuk menjalani playoff home and away. Pemenang akan diadu dengan perwakilan dari konfederasi lain untuk berebut tiket ke AS, Kanada, dan Meksiko.

Piala Dunia 2026 merupakan edisi pertama dengan format baru dan jumlah peserta yang lebih banyak. Ada 48 tim nasional dari enam konfederasi yang akan berebut gelar juara di Piala Dunia AS, Kanada, dan Meksiko.

Tim Merah-Putih lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia setelah finis sebagai runner-up Grup F di putaran kedua. Indonesia berada di bawah Irak yang menjadi juara grup.

Hasil Undian Timnas Indonesia di Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Baca Juga

Grup C

Jepang

Australia

Arab Saudi

Bahrain

China

Indonesia

 
Berita Terpopuler