Faedah dan Keutamaan Doa Ayat Kursi

Membaca ayat Kursi akan dijaga Malaikat

network /Muhyiddin Yamin
.
Rep: Muhyiddin Yamin Red: Partner

Umat Islam berdoa usai melaksanakan sholat berjamaah.

BOYANESIA -- Salam toghellen (saudara) ..Ayat Kursi mungkin sudah tidak asing lagi di telinga sobat Boyanesia yang beragama Islam. Karena, ayat ini sering sekali dibaca setiap selesai sholat lima waktu dan juga sering dibaca sebagai dosa untuk mengusir setan.

Dalam buku “Rahasia Doa-Doa Dalam Al-Quran” karya Ustadz Syamsuddin Noor telah dijelaskan beberapa faedah dan keutamaan ayat Kursi sebagai doa:

1. Tak Dapat Dicegah untuk Masuk Surga

Ali berkata: “Aku mendengar nabi kalian, Muhammad Saw, bersabda ketika beliau berada diatas mimbar: “Siapa yang membaca ayat kursi setiap selepas sholat maka tidak ada yang dapat mencegahnya masuk surga tidak juga kematiannya dan tidaklah orang yang mendawamkannya kecuali dicatat ia sebagai golongan shadiqin atau abidin (ahli ibadah). Siapa yang membacanya ketika ia menarik bantal tidurnya maka Allah akan memberi keamanan untuk dirinya, tetangganya, tetangga tetangganya dan seluruh rumah disekelilingnya.””

2. Dijaga Malaikat dan Setan tak Berani Mendekat

Abu Hurairah berkata: “Rasululullah Saw, telah mewakilkan kepadaku untuk mengurus zakat fitrah bulan Ramadhan. Tiba-tiba datang seseorang dan mereka meraup makanan dari zakat dan akupun menangkapnya (merebutnya kembali) dan berkata: “Aku akan melaporkan kamu kepada Rasulullah Saw”.

Kejadian itu berulang beberapa kali sampai kemudian diceritakan orang itu berkata kepada Abu Hurairah: “Apabila engkau hendak tidur? Bacalah ayat Kursi maka Allah tidak akan henti-hentinya mengutus penjaga (malaikat) kepadamu dan setan tidak akan berani mendekatimu sampai tiba waktunya subuh”. Rasulullah Saw bersabda: “Hai Abu Hurairah, apa yang kau katakan darinya tentang manfaat ayat kursi itu adalah benar, sedangkan tingkah laku orang yang datang itu adalah bohong dia itu sebenarnya setan yang hendak menipu”. (HR. Bukhari).

3. Selalu Terpelihara

Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang membaca surat Haamiim, Al-Mu’min sampai ayat Ilayhil Masyir dan ayat Kursi pada waktu Subuh, maka terpeliharalah dirinya sampai sore. Dan siapa yang membacanya waktu sore maka terpeliharalah dirinya sampai Subuh. (HR Turmudzi dari Abu Hurairah)

4. Dapat Anugerah dari Allah

Dari Anas: “Diangkat dari hadits Rasulullah SAW bahwa beliau bersabda, ”Allah mewahyukan kepada Musa As, ‘Siapa yang mendawamkan bacaan ayat Kursi setiap selepas sholat, maka Aku menganugrahinya sesuatu di atas apa yang Aku anugrahkan kepada Syakirin (Ahli syukur), memberikannya ganjaran para nabi, amal ahli shadiqin, dan Aku bentangkan di sebelah kanan-Ku Rahmat untuknya dan sebelah kiri-Ku, aku memasukkannya kedalam surga tidak terkecuali sampai datangnya malaikat pencabut nyawa’. “

Musa berkata: ‘Wahai Tuhan, siapa yang mendengar berita ini pastilah ia mendawamkannya. Maka Allah berfirman: ‘Sesungguhnya Aku tidak akan menganugrahinya dari hamba-hamba-Ku selain kepada para nabi atau shadiqin atau laki-laki mencintainya atau laki-laki yang Aku kehendaki mati di jalan-Ku’.”

Berikut ini bacaan ayat Kursi yang bisa sobat amalkan, lengkap dengan teks Arab, Latin dan Artinya:


ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Allahu laa ilaaha illaa huw al-hayyul qayyuum. Laa ta’ khuzuhu sinatuw wa laa na’um, lahuu maa fisamaawaati wa maa fil-ard, man zallazi yasyfa’u ‘indahuu illaa bi iznih, ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum, wa laa yuhiituna bisyai im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal-ard, wa laa ya ‘uduhu hifzuhumaa wa huwal-‘aliyyul-‘aziim.

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

 
Berita Terpopuler