Ajaran Panji Gumilang di Al Zaytun Masih Eksis, Ini Doa Terhindar dari Paham Menyimpang

Ajaran menyimpang dari Islam masih bermunculan.

Thoudy Badai/Republika
Ajaran Panji Gumilang di Al Zaytun Masih Eksis, Ini Doa Terhindar dari Paham Menyimpang. Foto: Berdoa. Ilustrasi
Rep: Andrian Saputra Red: Muhammad Hafil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai ajaran sesat dan pemahaman yang menyimpang dari ajaran Islam bermunculan belakangan ini. Contohnya saja Pimpinan Ma'had Al Zaytun, Abdulsalam Rasyidi Panji Gumilang yang membolehkan wanita menjadi imam dan khatib bagi penyelenggaraan sholat Jumat laki-laki dan sederet ajarannya yang bertentangan dengan syari'at Islam. Ada juga ajaran Ponpes Al Kafiyah di Sumatra yang mengajarkan gerakan sholat yang tidak sesuai dengan tuntunan fiqih empat Mazhab, mereka juga bahkan mengerjakan sholat ratusan rakaat untuk stok selama seminggu sehingga tidak sholat. 

Baca Juga

Untuk itu, di tengah banyaknya ajaran sesat dan pemahaman yang menyimpang, seseorang Muslim hendaknya waspada dan tetap berpegang teguh pada ajaran Islam yang lurus yakni Ahlussunnah wal Jamaah. Selain itu berdoalah kepada Allah agar diberikan keimanan yang kuat dan tak terjerumus kepada aliran-aliran yang sesat. Berikut doanya. 

رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا. وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ

Rabbana laa tuzigh quluubana ba’da idz hadaitana wa hab lana min ladunka rahmah innaka antal wahhab.

Artinya: Ya Tuhan kami, semoga Engkau berkenan menjadikan hati kami tidak condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan semoga Engaku berkenan mengkaruniai kepada kami rahmat dari sisi Engkau. karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).”

Selain doa tersebut, Rasulullah SAW juga mengajarkan tentang sebuah doa agar seorang hamba tetap teguh dan kokoh dalam Islam. Doa ini dapat ditemukan dalam hadits yang diriwayatkan Imam Tirmidzi nomor 2066 dan 3444 Berikut doanya:

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ

Yaa muqollibal qulubi tsabit qolbiy 'ala diynik

Wahai dzat yang membolak-balikan hati, teguhkanlah hatiku berada di atas agamamu. 

Selain itu Muallif Simtud Durar Habib Ali Al Habsyi mengajarkan sebuah doa agar Allah SWT senantiasa menambah karunia yang diberikannya kepada hambaNya terutama karunia Islam, Iman, kesehatan dan keberkahan umur.  Doa ini dapat ditemukan pada Biografi Habib Ali Al Habsyi Muallif Simtud Durar yang disusun Habib Husein Anis Al Habsyi dan diterbitkan Pustaka Zawiyah. Berikut doanya:

اللهم كما أنعمت علينا بالإسلام فزدنا منه، و كما أنعمت علينا بالإيمان فزدنا منه، و كما أنعمت علينا بالعافية فزدنا منه، و كما أنعمت علينا بالعمر فبارك لنا فيه

Allahumma kamaa an'amta 'alaina bil islami fazidna minhu, wa kamaa an'amta 'alaina bil imaani fazidna minhu, wa kamaa an'amta 'alaina bil 'aafiyati fazidna minhu, wa kamaa an'amta 'alaina bil 'umri fabaarik lana fiihi

Artinya: Ya Allah sebagaimana telah Engkau karuniakan Islam kepadaku maka berilah aku tambahan lagi, dan sebagaimana telah Engkau karuniakan iman kepadaku maka berilah aku tambahan lagi, dan sebagaimana telah Engkau karuniakan kesehatan kepadaku maka berilah aku tambahan lagi, dan sebagaimana telah Engkau karuniakan umur kepadaku maka berkahilah umurku ini.

 

 
Berita Terpopuler