Survei: Prabowo Unggul Kategori Berantas Korupsi, Ganjar Teratas di Blusukan

Anies dinilai konsisten berada di peringkat ketiga.

Republika/Muhammad Noor Alfian C
Prabowo Subianto.
Rep: Fauziah Mursid Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Elektabilitas bakal calon presiden Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo bersaing ketat dalam temuan Survei Populi Center yang dilakukan pada rentang 5-12 Juni 2023.

Baca Juga

Secara bergantian, Prabowo dan Ganjar unggul di 10 kategori akseptabilitas atau keberterimaan masyarakat berdasarkan kemampuan para tokoh.

"Urutannya itu bergantian itu antara Ganjar dan Prabowo, kalau Anies konsisten di urutan ketiga," ujar Peneliti Populi Center Hartanto Rosojati dalam rilis surveinya, Senin (26/6/2023).

Prabowo Subianto memimpin untuk kategori mampu menjaga stabilitas keamanan dengan persentase 61,9 persen, diikuti Ganjar dengan 15 persen dan Anies 12,3 persen. Kemudian kategori mengatasi persoalan politik luar negeri dengan 49 persen, dan Ganjar mendapat 19,9 persen lalu Anies Baswedan di urutan ketiga dengan 15,8 persen.

Prabowo juga memimpin kategori mampu memberantas korupsi dengan persentase 36,3 persen, diikuti Ganjar 26 persen dan Anies Baswedan 16,7 persen.

Sedangkan Ganjar memimpin di sisa kategori lainnya, antara lain blusukan atau sering mengunjungi warga dengan persentase 48,8 persen. Prabowo di kategori ini di urutan ketiga dengan 16,1 persen atau di bawah Anies Baswedan di posisi kedua dengan 23,4 persen.

 

Ganjar juga unggul di kategori mampu diterima semua kalangan yakni 39,8 persen sementara Prabowo hanya memperoleh 26,8 persen. Begitu juga kategori solidaritas sosial Ganjar unggul 37,9 persen dan Prabowo hanya mendapat 24,3 persen.

Untuk kategori bagus dalam berpidato, Ganjar juga unggul dengan 35,3 persen, disusul Anies 28 persen, baru Prabowo di urutan ketiga dengan 26,6 persen. Untuk kategori mampu menjaga toleransi dan mampu memimpin serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan Ganjar masih unggul.

Sementara Prabowo dan Anies berturut-turut di posisi kedua dan ketiga di kategori tersebut. "Urutannya itu bergantian itu antara Ganjar dan Prabowo, kalau Anies konsisten di urutan ketiga," ujarnya.

Sedangkan untuk elektabilitas secara umum, Ganjar Pranowo memperoleh suara 21,9 persen pada pertanyaan terbuka (top of mind) disusul Prabowo Subianto 19,3 persen. Sedangkan Anies Baswedan di posisi ketiga dengan 14,4 persen.

"Dinamika dukungan masyarakat kepada calon presiden cukup menarik untuk diperha kan. Berdasarkan data tren, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto menjadi dua tokoh yang memiliki tingkat elektabilitas yang cukup ketat," ujarnya.

Begitu juga pada simulasi tertutup tiga tokoh capres, Ganjar Pranowo unggul dengan 35,8 persen, disusul Prabowo Subianto dengan 33,4 persen, dan Anies Baswedan 23,2 persen.

Sementara pada aspek popularitas dari 16 tokoh nasional, Prabowo memimpin dengan 96,8 persen, diikuti Anies Baswedan 85,3 persen dan Ganjar Pranowo 82 persen. "Tiga nama teratas sesuai riset sebelumnya, tiga tokoh yang digadang maju dalam kontestan Pemilu ini dapat popularitas tertinggi," ujarnya.

Survei Populi Center dilakukan pada 5-12 Juni 2023 kepada 1.200 responden melalui metode wawancara tatap muka dengan menggunakan aplikasi survei Populi Center. Margin of Error dari survei sebesar 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

 

 

 
Berita Terpopuler