Nyamuk Paling Demen Sama Orang dengan Golongan Darah Tipe Ini

Ada beberapa faktor yang dapat membuat nyamuk tertarik untuk menggigit manusia.

Reuters
Nyamuk menghisap darah (Ilustrasi). Ada beberapa faktor yang dapat membuat nyamuk tertarik untuk menggigit manusia.
Rep: Adysha Citra Ramadani Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beberapa faktor yang dapat membuat nyamuk tertarik untuk menggigit manusia. Salah satu faktor yang mungkin jarang disadari adalah golongan darah.

"Nyamuk lebih menyukai golongan darah tertentu," ujar Dr Amir Khan dalam acara Lorraine di ITV, seperti dilansir Express pada Jumat (16/6).

Menurut dr Khan, golongan darah yang paling disukai oleh nyamuk adalah golongan darah O. Golongan darah kedua yang disukai oleh nyamuk adalah A.

"Yang paling tidak mereka sukai adalah golongan darah B," jelas dr Khan.

Hal serupa juga diungkapkan dalam sebuah studi yang dipublikasikan pada Journal of Medical Entomology. Studi ini menyoroti preferensi nyamuk macan Asia dalam menggigit manusia berdasarkan golongan darah yang dimiliki oleh manusia.

Baca Juga

Studi ini juga menemukan bahwa golongan darah O merupakan golongan darah yang paling disukai nyamuk. Akan tetapi, beragam studi lain mengindikasikan bahwa golongan darah bukan satu-satunya faktor yang dapat membuat nyamuk tertarik untuk menggigit manusia.

Menurut banyak ahli, faktor yang lebih menarik perhatian nyamuk adalah aroma tubuh dan mikrobiota pada kulit. Faktor lain yang juga dapat menarik minat nyamuk untuk menggigit seseorang adalah jenis kelamin. Menurut dr Amir, nyamuk cenderung lebih sering menggigit wanita dibandingkan pria.

Selain itu, cuaca juga tampak memengaruhi kecenderungan nyamuk untuk menggigit manusia. Dokter Amir mengatakan, nyamuk lebih menyukai udara hangat dan lebih sering menggigit di malam yang panas.

Tiga fase demam pasien DBD. - (Republika)


Warna pakaian pun bisa memengaruhi ketertarikan nyamuk pada manusia. Nyamuk cenderung lebih menyukai warna merah serta tampak tak begitu tertarik pada warna hitam dan putih.

Bila sudah telanjur digigit oleh nyamuk, dr Amir mengatakan ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan. Salah satu di antaranya adalah menjaga area gigitan nyamuk tetap bersih dan aplikasikan krim antihistamin.

"Cuci (gigitan nyamuk) dengan air dan sabun, lalu Anda dapat mengaplikasikan krim antihistamin. Gigitan tersebut akan terasa gatal sementara waktu, namun pasti mereda," kata dr Amir.

 
Berita Terpopuler