Mengobati Bisul atau Jerawat Ala Nabi Muhammad

Butsrah (bisul/jerawat) adalah benjolan kecil yang terbentuk dari elemen yang panas.

network /Ani Nursalikah
.
Rep: Ani Nursalikah Red: Partner

Ilustrasi jerawat. Mengobati Bisul atau Jerawat Ala Nabi Muhammad. Foto: Republika

MAGENTA -- Butsrah (bisul/jerawat) adalah benjolan kecil yang terbentuk dari elemen yang panas, yang biasanya ditolak oleh tubuh manusia normal, lalu ia menyelinap di satu bagian tubuh manusia lantas keluar dari sana.

Menurut Ensiklopedia Pengobatan Islam oleh Sya'ban Ahmad Salim, terbitan Pustaka Arafah, 2012, bisul memerlukan sesuatu yang mematangkannya dan kemudian mengeluarkannya.

BACA JUGA: Resep Herbal Prof Hembing: Mengatasi Biang Keringat dengan Lidah Buaya

.

.

Ibnus Sunni menyebutkan di dalam kitabnya, riwayat dari salah seorang istri Nabi Muhammad, dia berkata, "Rasulullah masuk ke kamarku sedang pada jariku sudah keluar bisul. Beliau bertanya, 'Kamu punya dzarirah?' Aku menjawab, 'Ya.'

Rasulullah bersabda, letakkan dzarirah itu pada jarimu yang keluar bisulnya, lalu ucapkanlah doa (yang artinya): Wahai Allah Yang Mengecilkan yang besar, dan Membesarkan yang kecil, kecilkanlah bisul yang ada pada tubuhku ini!" (HR. Ibnus Sunni, dha'if)

Dzarirah adalah obat India yang diambil dari kayu dzarirah. Sifatnya panas dan kering, berguna untuk menyembuhkan pembengkakan pada perut, hati, busung air, dan menjaga hati agar tetap dalam kondisi yang baik.

Obat ini juga dapat mematangkan bisul dan berguna untuk menyembuhkan luka bakar bila dioleskan dengan minyak mawar dan cuka. (MHD)

BACA JUGA:

Terapi Makanan Prof Hembing: Jamur Putih Kering Berkhasiat untuk Kecantikan

10 Kebiasaan Kecil yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental

Alasan Soeharto Ogah Temui Habibie Usai Lengser

Pertolongan Pertama pada Luka Bakar, Bukan Diolesi Mentega

Cerita Ibu Tien Soeharto Belikan Gigi Palsu Staf KBRI yang Ompong

 
Berita Terpopuler