Doa Qunut Arab, Latin Beserta Artinya

Doa qunut dibaca setelah i'tidal pada rakaat terakhir dalam sholat tertentu.

network /Ani Nursalikah
.
Rep: Ani Nursalikah Red: Partner

Ilustrasi berdoa. Doa Qunut Arab, Latin Beserta Artinya. Foto: Republika.co.id

MAGENTA -- Qunut menurut lughah (bahasa) adalah doa, yaitu lafal tertentu yang dibaca setelah i'tidal pada rakaat terakhir dalam sholat tertentu, seperti sholat subuh, witir, dan lain-lain.

Apabila mengerjakan sholat subuh, maka pada rakaat yang kedua, pada waktu i'tidak berdiri tegak dari rukuk setelah membaca Rabbana lakal-hamdu, lalu membaca qunut.

BACA JUGA: Niat Sholat Subuh 2 Rakaat, Imam, Makmum dan Sendiri

.

.

Berikut ini bacaan doa qunut, dikutip dari Panduan Shalat Praktis dan Lengkap oleh Ust. Syaifurrahman El-Fati.

Doa Qunut Arab, Latin Beserta Artinya

للّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bacaan doa qunut latin

“Allahummahdini fiman hadait, wa afini fiman aafait, wa tawallani fiman tawalait, wa barik liy fima a'thoit, wa qini birahmatika syarra maa qodoit, fa innaka taqdhi wa la yuqdho alaik, wa innahu laa yadzillu man walait. Wa la yaizzzu man adait tabarakta robbana wa ta-alait. Falakal-hamdu ala maa qodo-it astaghfiruka wa atubu alaik, wa shollallahu ala sayyidina muhammadinnabiyyi-ummiyyi wa ala alihi wa ashhabihi wa sallam."

Arti doa qunut

"Ya Allah, berilah kami petunjuk sebagaimana orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kami akan kesehatan sebagaimana orang yang telah Engkau beri kesehatan. Berilah kekuasaan pada kami sebagaimana orang yang telah Engkau beri kekuasaan. Berilah berkah pada barang yang telah Engkau berikan kepada kami. Jagalah kami dari keburukan barang yang telah Engkau pasti. Sesungguhnya Engkau Dzat yang menetapkan dan tiada seorang pun yang menetapkan Engkau. Sesungguhnya tidak ada hina bagi orang yang Engkau beri kekuasaan. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Engkau ya Tuhan kami, Maha- suci Engkau dan Mahaluhur Engkau. Bagi Engkau segala puji atas barang yang telah Engkau pasti. Aku mohon ampunan dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat, berkah dan salam atas Nabi Kita Muhammad, Nabi yang Ummi dan kepada keluarga serta sahabatnya."

BACA JUGA:

Tata Cara Sholat Fardhu Lengkap, Muslim Wajib Tahu

Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu Lengkap dan Artinya

Bacaan Wirid Sesudah Sholat Fardhu Lengkap

Doa Sholat Tahajud Dilengkapi dengan Niat, Waktu dan Istighfar Latin dan Terjemahan

Doa Sebelum dan Sesudah Makan, Lengkap dengan Artinya

 
Berita Terpopuler