Istilah Teknologi Hari Ini: KYC

KYC adalah proses yang digunakan institusi keuangan dan bisnis untuk mengumpulkan informasi tentang identitas pelanggannya.

network /Vidita
.
Rep: Vidita Red: Partner

Canva

KYC (Know Your Customer) atau Mengenal Nasabah adalah suatu proses yang digunakan oleh institusi keuangan dan bisnis untuk mengumpulkan informasi tentang identitas dan latar belakang pelanggan mereka. Tujuan dari KYC adalah untuk mencegah pencucian uang, pembiayaan teroris, dan kegiatan ilegal lainnya dengan memastikan bahwa entitas yang terlibat dalam transaksi keuangan adalah orang yang sah dan dapat dipercaya.

Proses KYC, biasa melibatkan verifikasi identitas pelanggan, penilaian risiko, dan pemantauan terus-menerus terhadap aktivitas pelanggan. Biasanya, dalam proses KYC, pelanggan diminta untuk memberikan dokumen identitas resmi, seperti paspor, kartu identitas, atau izin mengemudi.

Informasi pribadi lainnya, seperti alamat, tanggal lahir, nomor telepon, dan sumber dana, juga dapat diminta. Institusi keuangan dan bisnis, seperti pendaftaran aplikasi digital yang terlibat dalam KYC, bertanggung jawab untuk memverifikasi informasi yang diberikan oleh pelanggan dan melakukan penilaian risiko terkait dengan transaksi yang dilakukan oleh pelanggan.

Mereka juga harus memantau aktivitas pelanggan secara terus-menerus untuk mendeteksi transaksi yang mencurigakan atau tidak wajar yang mungkin menandakan adanya kegiatan ilegal. KYC merupakan bagian penting dari upaya pencegahan pencucian uang dan pembiayaan teroris di sektor keuangan.

Melalui KYC, institusi keuangan dan bisnis dapat mengurangi risiko, mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan menjaga integritas sistem keuangan secara keseluruhan dengan memastikan bahwa mereka beroperasi dengan pelanggan yang sah dan dapat dipercaya.

 
Berita Terpopuler