Sudah Sholat Tarawih dan Witir, Bolehkah Sholat Malam? Ini Doa Sholat Tahajud, Arab, Latin, dan Arti

Tahajud adalah salah satu ibadah yang dianjurkan Rasulullah.

.
Rep: Kurusetra Red: Partner

Sholat Tahajud boleh dikerjakan meski sudah sholat tarawih.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Shalat Tarawih adalah sholat istimewa yang hanya ada pada malam Ramadhan. Sholat Tarawih adalah pengganti dari sholat malam atau sholat tahajud yang dikerjakan lebih awal setelah sholat Isya. Lantas apakah sudah Sholat Tarawih dan Witir apakah masih boleh melaksanakan sholat tahajud?

Sholat Tahajud adalah salah satu ibadah yang diperintahkan Rasulullah. Bahkan, Sholat Tahajud memiliki segudang keutamaan sehingga tidak apa-apa jika ingin sholat Tahajud di tengah malam sebelum sahur walaupun sudah Sholat Tarawih dan Witir.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Kiai Kelelahan Saat Istri Ketagihan Bunuh Orang Kafir di Malam Pertama

.

Dalam buku Bekal Ramadhan dan Idul Fithri 3 : Tarawih dan Witir karya Saiyid Mahadir yang terbit pada 2019 dijelaskan, tahajud merupakan sholat yang dikerjakan setelah bangun di tengah malam. Tahajud dan Tarawih masuk kategori qiyamul lail, hanya saja sholat Tarawih hanya disunnahkan ketika Ramadhan, tidak di hari yang lain.

"Umumnya para ulama membolehkan melaksanakan sholat Tahajud setelah Tarawih, karena akhir malam adalah waktu paling baik beribadah pada Allah SWT dan berdoa," tulis Saiyid.

BACA JUGA: Kisah Sadis di Balik April Mop, Dibantainya Umat Islam Spanyol (Andalusia)

HR Muslim dari Ibnu Abbas, menjelaskan Sholat Tahajud boleh dikerjakan sendirian atau berjamaah. Sholat Tahajud diawali dengan Sholat Iftitah dua rakaat. (Berdasarkan HR. Muslim, Ahmad dan Abu Daud dari Abu Hurairah).

Doa tahajud ada di halaman selanjutnya...


Karena dianjurkan dan diperbolehkan, ibadah ini akan jauh lebih baik jika disertai doa tahajud yang diajarkan Rasulullah. Seperti dinukil dari Republika.co.id, doa tajahud Nabi ini kerap dibacakan dan diartikan lewat kitab Majmu' Syarif. Dalam buku berjudul Sujud Sang Kiai, Firdaus Dahlan mengutip doa tahajud tersebut.

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allahumma lakal hamdu Anta qayyimus sawamati wal ardhi wa man fihinn. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fihin. Wa lakal hamdu anta nurussamawati wal ardhi wa man fahihin wa lakal hamdu antal haqq wa wa’dukal haq, wa liqauka haqq, wa qauluka haq, wal jannatu haqq, wan naru haqq, wannabiyyuna haqq, Muhammadun shallalahu ‘alahi wa sallama haqq, wassa’atu haqq.

Allahuma laka aslamtu wa bika amantu wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khashamtu wa ilaikan hakamtu, faghfirli, ma qaddamtu, wama akkhartu, wama asrartu, wama a’lantu, wama anta a’lamu bihi minni, antal muqaddimu wa antal muakhiru, la ilaha illa anta, wala hawla wala quwwata illa billah.

BACA JUGA: Download GB WA (GB WhatsApp) Versi Terbaru April 2023, Link dan Cara Instal di HP, Mudah Gratis

"Ya Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji Bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya.

Bagi-Mu segala puji Engkau (Allah) benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar, Muhammad adalah benar, hari kiamat adalah benar.

Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, Kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu), aku menjatuhkan hukum.

Ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang disembah kecuali Engkau."

BACA JUGA: Gus Baha: Sampai Kiamat Pun Palestina-Israel tak Bisa Berdamai

.

SIMPAN JADWAL IMSYAK DAN BUKA PUASA RAMADHAN 2023

.

BACA TULISAN MENARIK LAINNYA:

> Banyak Pria Jakarta Sakit Raja Singa Gara-Gara Wisata "Petik Mangga"

> Humor Gus Dur: Orang Jepang Sombong Mati Kutu di Depan Sopir Taksi

> Rektor ITK Singgung Manusia Gurun, Teringat Humor Gus Dur Tentang Unta Hewan Gurun yang Pendendam

> Kiai Tampar Anggota Banser: Kiai Gak Dijaga Malah Gereja yang Dijaga!

> Kata Siapa Muhammadiyah tidak Punya Habib, KH Ahmad Dahlan Itu Keturunan Rasulullah

> Pak AR Salah Masuk Masjid, Diundang Ceramah Muhammadiyah Malah Jadi Imam Tarawih di Masjid NU

> Humor Gus Dur: Yang Bilang NU dan Muhammadiyah Berjauhan Hanya Cari Perkara, Yang Dipelajari Sama

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

> Humor Ramadhan: Puasa Ikut NU yang Belakangan, Lebaran Ikut Muhammadiyah yang Duluan

> Muhammadiyah Tarawih 11 Rakaat, Pakai Formasi 4-4-3 atau 2-2-2-2-2-1?

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

 
Berita Terpopuler