Menciutnya Peran Penyuluh Pertanian

Penyuluh Pertanian merupakan suatu profesi yang berperan penting dalam peningkatan keterampilan, dan pengetahuan petani. Namun saat ini seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin mudah diperoleh petani, peran Penyuluh Pertanian seba

retizen /Ilman Nur Syamsudin
.
Rep: Ilman Nur Syamsudin Red: Retizen

Penyuluh pertanian adalah profesi penting yang berperan dalam perkembangan sektor pertanian. Penyuluh pertanian bertugas untuk memberikan informasi dan edukasi tentang cara bertani yang baik dan efisien. Penyuluh pertanian bekerja dengan petani, kelompok tani, dan komunitas pertanian untuk meningkatkan produktivitas, pendapatan, dan kualitas hidup petani. Penyuluh pertanian bekerja dengan cara memberikan edukasi tentang teknologi terbaru dan cara-cara baru dalam bertani, serta memberikan solusi untuk masalah yang dihadapi oleh petani, juga memberikan dukungan dalam hal pengelolaan lahan, pengelolaan hama dan penyakit, serta memberikan solusi untuk masalah lingkungan.

Penyuluh Pertanian sedang Memberikan Penyuluhan Kepada Petani (Dok. Pribadi)

Salah satu tugas penting dari penyuluh pertanian adalah memberikan edukasi tentang teknologi baru dan inovasi dalam bertani yang dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani. Peran penyuluh pertanian dalam memberikan informasi dan edukasi tentang cara bertani yang baik dan efisien sangat penting bagi sektor pertanian. Namun saat ini seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin mudah diperoleh petani, peran Penyuluh Pertanian sebagai penyalur informasi bagi petani kian "Menciut". Ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:

1. Perubahan teknologi: Teknologi yang berkembang pesat telah memberikan akses informasi yang lebih mudah bagi para petani, sehingga penyuluh pertanian tidak lagi dianggap sebagai satu-satunya sumber informasi. Petani dapat menemukan informasi tentang teknologi terbaru dan cara-cara baru dalam bertani melalui internet dan media sosial.

Kemajuan Teknologi di Bidang Pertanian (Sumber: pexels.com)

2. Kurangnya dukungan pemerintah: Pemerintah kadang kala tidak memberikan dukungan yang cukup dalam hal peran penyuluh pertanian. Penyuluh pertanian kadang kala tidak memiliki akses yang cukup pada sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka dengan baik, seperti peralatan dan sarana transportasi.

3. Masyarakat yang kurang peduli: beberapa petani cenderung kurang peduli dengan informasi yang disediakan oleh penyuluh pertanian karena mereka lebih percaya dengan cara-cara lama yang sudah digunakan selama bertahun-tahun dan lebih percaya dengan mitos-mitos yang beredar di kalangan masyarakat.

4. Lemahnya sistem monitoring dan evaluasi: Monitoring dan evaluasi yang lemah dapat menyebabkan tidak adanya pengakuan atas kontribusi yang diberikan oleh penyuluh pertanian, sehingga menyebabkan kurangnya minat dari pemerintah dan masyarakat untuk mendukung peran penyuluh pertanian.

Untuk meningkatkan peran penyuluh pertanian, diperlukan dukungan yang cukup dari pemerintah dan masyarakat. Pemerintah harus memberikan sumber daya yang dibutuhkan oleh penyuluh pertanian, seperti peralatan dan sarana transportasi. Masyarakat harus lebih terbuka untuk menerima informasi yang diberikan oleh penyuluh pertanian dan lebih peduli dengan cara-cara baru dalam bertani. Selain itu, sistem monitoring dan evaluasi yang baik perlu diterapkan untuk mengukur kontribusi penyuluh pertanian dan memberikan pengakuan atas hasil yang dicapai.

 
Berita Terpopuler