Apa Itu ChatGPT? Teknologi Microsoft Bing yang Bisa Saingi Google

Microsoft disebut-sebut bakal mengintegrasikan teknologi ChatGPT ke mesin pencarian mereka Bing. Apa itu?

.
Rep: Koiyudh Red: Partner

Logo Microsoft Bing.

RUANG TEKNO -- Microsoft disebut-sebut bakal mengintegrasikan teknologi ChatGPT ke mesin pencarian mereka Bing pada Maret mendatang. Kemampuan berbasis kecerdasan buatan (AI) ini disebut-sebut bisa saingi kedigdayaan Google. Apa itu ChatGPT?

Seperti dilansir The Register, Jumat (6/1/2022), ChatGPT adalah teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) buatan laboratorium OpenAI. Teknologinya memungkinkan pengguna mengetik pertanyaan dan mendapat balasan dalam format dialog. Ia juga bisa mengoreksi premis salah dan menolak permintaan tidak pantas.

Itu artinya, ketika kamu mengetikkan kata kunci atau pertanyaan (queries) di kolom pencarian situs Bing, maka ia tidak sekadar memunculkan daftar jawaban saja. Namun juga bereaksi layaknya berkomunikasi dengan manusia.

Sekadar catatan, belum ada keterangan resmi dari Microsoft soal penerapan teknologi Chat GPT ke mesin pencarian Bing. Laporan soal ini pertama disampaikan The Information dan masih berdasarkan sumber anonim.

OpenAi adalah laboratorium kecerdasan buatan yang didirikan salah satunya oleh Elon Musk pada 2015. Perusahaan ini menarik minat sejumlah investor raksasa.

Salah satu ikut menanamkan dana adalah Microsoft. Perusahaan perangkat lunak pemilik Bing ini menggulirkan dana investasi sebesar 1 miliar dolar AS pada 2019 ke sana.

Menurut laporan The Information, salah satu bagian dari rencana investasi Microsoft adalah mengintegrasikan teknologi hasil pengembangan OpenAI ke Bing. Termasuk di dalamnya ChatGPT.

Baca juga

Cara Screen Record di Laptop Windows Gratis Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Download Aplikasi di Laptop Windows 10 dengan Cepat

Cara Download WhatsApp Desktop di Laptop Windows dan Mac, Bukan WA Web

Transfer Chat WhatsApp ke HP Baru Sulit? Fitur Ini Bakal Bikin Mudah

Download GB WhatsApp (GB WA) 2023 dari Google Chrome: Dijamin Gratis Anti Banned

Yandex Browser Bisa Nonton Film Jepang Tanpa VPN

 
Berita Terpopuler