Saat Haid Muslimah Dianjurkan Membaca Doa ini

Menstruasi atau haid merupakan momen yang akan dialami seorang Muslimah.

Republika/Musiron/ca
Wanita haid (ilustrasi).
Rep: Zahrotul Oktaviani Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, Menstruasi atau haid merupakan momen yang akan dialami seorang Muslimah setiap bulannya. Di saat ini, mereka dilarang melakukan sejumlah ibadah, seperti shalat, puasa, haji maupun membaca Alquran.

Meskipun saat itu Muslim yang sedang haid tidak diizinkan shalat dan membaca Alquran, namun mereka masih bisa melakukan sejumlah ibadah. Salah satunya adalah berdzikir dan berdoa kepada Allah SWT.

Dalam Kitab Munajatun Nisa karya Ibnu Watiniyah, Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah seorang wanita yang haid itu, kecuali haidnya merupakan kafarat (tebusan) untuk dosa-dosanya yang telah lalu, dan apabila pada hari pertama haidnya membaca Alhamdulillaahi ala kulli hailin wa astaghfirullah (segala puji bagi Allah dalam segala keadaan dan aku memohon ampun kepada Allah dari segala dosa), maka Allah SWT menetapkan dia bebas dari neraka dan dengan mudah melalui siratalmustakim yang aman dari siksa. Bahkan, Allah Ta'alaa mengangkat derajatnya seperti derajatnya 40 orang mati syahid apabila dia selalu berdzikir kepada Allah SAW selama haidnya."

Lantas, doa-doa apa saja yang masih bisa dilantunkan oleh Muslimah saat sedang haid?

 

 

1. Doa hari pertama haid

Saat memasuki hari pertama haid, Muslimah dianjurkan untuk membaca doa berikut:

الْحَمْدُللهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ

Artinya: "Segala puji bagi Alah atas segala perkara, dan aku memohon ampun kepada-Mu atas segenap dosa."

Doa di atas telah disebutkan dalam kitab Dzurratun Nasihin karya Utsman bin Hasan Ahmad Syakir al Khubawi, "Dari Sayyidah Aisyah, ia berkata bahwasanya Rasulullah bersabda: ‘Tidak ada perempuan yang haid, kecuali haidnya bisa menghapus dosa masa lalu dari semua dosanya dan jika ia membaca “alhamdulillah ala kulli halin wa astaghfurullaha min kulli dzanbin”, pada hari pertama haid maka Allah akan menuliskan kepadanya bahwa ia akan melewatkan api neraka dan kemudian dapat berada di jembatan Shirathal Mustaqim dengan selamat dan aman dari siksaan dan akan dinaikkan pangkatnya oleh Allah setiap hari dan tiap malam pahala empat puluh syuhada bagi ia yang berdzikir tersebut kepada Allah dalam masa haidnya.'."

2. Doa ketika merasakan nyeri haid

Doa di bawah ini bisa dibaca ketika Muslimah mengalami sakit atau nyeri selama masa haid, yaitu:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

 

Artinya: "Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit dan sembuhkanlah. Engkau adalah Pemberi kesembuhan, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan sakit." (HR. Bukhari)

 
Berita Terpopuler