Profil Pangeran Charles, Raja Inggris Pengganti Ratu Elizabeth II

Setelah Queen Elizabeth II meninggal dunia, Pangeran Charles akan naik takhta menjadi Raja Inggris.

Pangeran Charles III. Setelah Queen Elizabeth II meninggal dunia, Pangeran Charles akan naik takhta menjadi Raja Inggris. Foto: Republika.
Rep: Kurusetra Red: Partner

Pangeran Charles III. Setelah Queen Elizabeth II meninggal dunia, Pangeran Charles akan naik takhta menjadi Raja Inggris. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Pangeran Charles III akan naik takhta menjadi raja baru Inggris. Ia akan menggantikan ibundanya, Queen (Ratu) Elizabeth II yang meninggal dunia pada usia 96 tahun, Jumat (9/9/2022). Pria bergelar Prince of Wales ini merupakan pewaris takhta tertua dan terlama dalam sejarah Inggris, dan gelarnya akan berubah menjadi Raja Charles III. (BACA: Ratu Elizabeth II Wafat, Pangeran Charles Naik Takhta Jadi Raja Inggris)

Pangeran Charles adalah putra sulung dari pasangan Ratu Elizabeth II dan Prince Philip. Pangeran Charles menjadi pewaris takhta sang ibunda sejak 1952. Ia memiliki tiga adik, Princess Anne, Prince Andrew, dan Prince Edward.

BACA JUGA: Inggris dan Belanda Berperang untuk Perebutkan Pulau Jawa

Kehidupan pribadinya, Charles menikah dua kali, pertama dengan Putri Diana Spencer. Pernikahannya digelar di St. Paul's Cathedral, London, pada 29 Juli 1981. Dari pernikahan bersama Putri Diana, lahir dua putra, Prince William dan Prince Harry. Prince William lahir pada 21 Juni 1982, sedangkan Prince Harry lahir pada 15 September 1984.

Namun Pangeran Charles dan Putri Diana berpisah pada 1992 dan resmi bercerai pada 1996. Penyebab utama perceraian karena orang ketiga. Namun Putri Diana akhirnya wafat pada 31 Agustus 1997. Charles kemudian menikahi Camilla Parker Bowles pada 9 April 2005.

BACA JUGA: 25 Tahun Kematian Lady Diana, Tewas Kecelakaan atau Sengaja Dibunuh?

Pada peringatan 70 tahun pemerintahannya, Ratu Elizabeth II sempat mengatakan Camilla dijuluki sebagai Queen Consort ketika Charles telah menjadi raja.


Pangeran Charles III. Setelah Queen Elizabeth II meninggal dunia, Pangeran Charles akan naik takhta menjadi Raja Inggris. Foto: Republika.

Sebagai seorang pangeran, Charles mendapatkan pendidikan yang sangat baik. Pangeran Charles memulai pendidikannya di Hill House School di London Barat dan menempuh pendidikan di Skotlandia hingga Australia.

Charles mengambil jurusan antropologi, arkeologi, dan sejarah di Trinity College, bagian dari Cambridge University, pada 1967-1970. Pada 1969, Pangeran Charles sempat juga berkuliah di University College of Wales untuk belajar tentang budaya dan bahasa Welsh dalam persiapan untuk menjadi Prince of Wales. Setelah lulus dari Cambridge, Pangeran Charles menghabiskan waktunya di militer dengan Royal Air Force dan Royal Navy.

BACA JUGA: Pernah Dijajah Inggris, Mengapa Indonesia tidak Jadi Anggota Negara Persemakmuran Britania Raya?

Pada 26 Juli 1958, Charles dinobatkan sebagai Prince of Wales dan baru dilantik pada 1 Juli 1969 di Caernarfon Castle dengan diberikan makhota oleh Ratu Elizabeth II. Pangeran Charles berperan penting dalam mendirikan lebih dari 20 badan amal selama 40 tahun. Ia mendukung kegiatan yang berkaitan dengan dengan lingkungan, masyarakat pedesaan, lingkungan binaan, seni, perawatan kesehatan, dan pendidikan.

BACA JUGA: Bule Inggris Nyasar di Jalan Sudirman, Tanya ke Gus Dur Malah Bikin Tambah Bingung

Berikut profil Raja Charles III:

> Nama Lengkap: Charles Philip Arthur George

> Tempat dan tanggal lahir: Istana Buckingham, 14 November 1948

> Ayah: Prince Philip

> Ibu: Queen Elizabeth II

> Pasangan: Diana Spencer (1981-1996), Camilla Parker Bowles (2005-sekarang)

> Anak: Prince William, Prince Harry

.

TONTON VIDEO PILIHAN:

.

BACA BERITA MENARIK LAINNYA:

> Humor NU: Orang Muhammadiyah Ikut Tahlilan Tapi Gak Bawa Pulang Berkat, Diledek Makan di Tempat Saja

> Bolehkah Makan Nasi Berkat dari Acara Tahlilan? Halal Bisa Jadi Haram

> Banyak Pria Jakarta Sakit Raja Singa Gara-Gara Wisata "Petik Mangga"

> Kata Siapa Muhammadiyah tidak Punya Habib, KH Ahmad Dahlan Itu Keturunan Rasulullah

> Pak AR Salah Masuk Masjid, Diundang Ceramah Muhammadiyah Malah Jadi Imam Tarawih di Masjid NU

> Humor Gus Dur: Yang Bilang NU dan Muhammadiyah Berjauhan Hanya Cari Perkara, Yang Dipelajari Sama

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

> Humor Ramadhan: Puasa Ikut NU yang Belakangan, Lebaran Ikut Muhammadiyah yang Duluan

> Muhammadiyah Tarawih 11 Rakaat, Pakai Formasi 4-4-3 atau 2-2-2-2-2-1?

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di KURUSETRA dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

 
Berita Terpopuler