Sering Lihat Tulisan 'About:Blank' di Internet? Apa Sih Artinya?

Halaman about: blank tidak membahayakan komputer.

Browser (Ilustrasi)
Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda sering menemukan “about:blank” di browser Anda? Pernahkan Anda bertanya-tanya apakah pesan ini disebabkan oleh virus jahat, koneksi internet yang buruk, atau tautan yang rusak? Yuk, cari tahu!

Baca Juga

About:blank adalah fitur bawaan di browser web seperti Chrome, Safari, Firefox, Brave, Microsoft Edge, dll. Jika Anda menggunakan salah satu browser ini, Anda dapat menemukan halaman web kosong ini. Kabar baiknya ini bukan masalah serius. 

Apa artinya about:blank?

Banyak browser web menggunakan URL untuk mengakses halaman web. “About” adalah bagian dari perintah “about:URL” yang berkomunikasi dengan browser untuk menampilkan halaman web internal. Jadi, halaman kosong yang Anda temui sebenarnya adalah perintah bawaan di browser web Anda.

Dilansir dari BGR, Ahad (29/5/2022), bagian “about” memproses beberapa perintah internal ke browser. Sebenarnya ada beberapa perintah “about:” yang digunakan browser web untuk memuat ulang halaman yang telah dibangun ke dalam browser.

Misalnya, coba masukkan “about:settings” di address bar, dan Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan browser. Beberapa halaman “about” umum lainnya adalah “about:downloads”, “about:about”, “about:plugin”, dan “about:extensions”.

Saat Anda memasukkan URL baru dengan perintah “about:” ke address bar browser web Anda, browser memuat halaman bawaan dari perintah tersebut. Itulah sebabnya memasukkan perintah “about:blank” di browser Anda secara otomatis menampilkan halaman kosong.

Seperti yang dijelaskan di atas, halaman ini tidak dimuat dari internet-halaman ini terpasang di browser Anda.

 

 

Penyebab about:blank

Berikut beberapa alasan sering mengapa Anda mungkin menemukan halaman kosong. Pertama, Anda mengeklik tautan unduhan yang terbuka di tab atau jendela baru. Proses ini mungkin memaksa browser untuk menampilkan halaman kosong saat unduhan dimulai.

Kedua , Anda telah salah mengetik URL di address bar browser Anda, dan browser mengarahkan Anda ke halaman yang salah yang terinfeksi malware atau virus. Ketiga, salah ketik URL juga dapat membingungkan browser tentang apa yang akan ditampilkan, menghasilkan tampilan halaman kosong.

Keempat, tiba-tiba ada koneksi internet yang buruk saat halaman sedang dimuat. Kelima, bug atau kesalahan dalam HTML, Java, dan kode lain dari halaman web atau browser itu sendiri.

Penggunaan about:blank

Orang-orang yang lebih suka memiliki halaman kosong di aplikasi penjelajahan mereka, menggunakan halaman about:blank sebagai halaman beranda mereka. Ini memberi mereka beberapa tingkat privasi.

Halaman about:blank juga dapat membantu mencegah gangguan. Ini juga membantu mengatur bandwidth komputer Anda dengan membuka tab bawaan saat startup.

Ada kasus beberapa aplikasi internet mencuri data dari penggunanya. Pengguna meluncurkan browser web mereka dan akhirnya dibombardir dengan banyak iklan. Karena itu, banyak orang juga lebih suka menghindari iklan ini dengan halaman beranda kosong.

Kegunaan lain dari perintah “about”

Perintah “about” digunakan untuk berkomunikasi dengan halaman web internal browser Anda. Saat Anda memasukkan URL baru dengan perintah “about:” ke address bar, browser memuat halaman bawaan dari perintah terprogram tersebut. Anda dapat mencoba mengetik “about:about” untuk melihat daftar perintah “About” yang didukung oleh browser Anda.

 

Apakah about:blank malware?

Halaman about:blank TIDAK berbahaya bagi komputer Anda. Anda bukan korban serangan malware.

Ini hanyalah layar kosong yang muncul di situs ketika browser internet Anda tidak memiliki cukup informasi untuk ditindaklanjuti. Konon, kehadiran malware di beberapa aplikasi penjelajahan dapat menyebabkan mereka menampilkan halaman kosong. Jika Anda khawatir program jahat mungkin menginfeksi komputer Anda, Anda dapat memindai dan memperbaikinya dengan perangkat lunak anti virus yang direkomendasikan.

Cara menghentikan pop-up kosong

Karena fungsionalitas about:blank tidak membahayakan komputer Anda, sebaiknya biarkan saja. Beberapa program anti malware dan anti virus menggunakan halaman kosong ini untuk menghilangkan tindakan dari beberapa URL berbahaya.

Namun, jika Anda ingin mengubah layar about:blank dari beranda Anda, yang harus Anda lakukan adalah membuka pengaturan dan menonaktifkannya.

Jika Anda mendapatkan pop-up kosong ini secara teratur, kemungkinan besar itu adalah atribut virus atau malware yang sudah merusak browser Anda. Anda dalam mencoba mencopot dan memasang kembali Chrome atau aplikasi penjelajahan apa pun yang Anda gunakan.

Cara memperbaiki halaman web about:blank 

Berikut cara menghilangkan layar kosong saat Anda membuka perangkat lunak penjelajahan.

Untuk Chrome:

·         Buka aplikasi Chrome di PC Anda.

·         Pindahkan kursor Anda ke ikon menu (tiga titik) di sudut kanan atas dan klik di atasnya. Pilih Settings, dan gulir ke bahwa ke “On startup.”

·         Pindahkan kursor Anda ke ikon tiga titik “More options” dan klik di atasnya. Selanjutnya, pilih “Remove” , dan itu akan secara otomatis memilih opsi pertama; Open a new tab page.”

Jika Anda lebih suka memulai dari tempat terakhir Anda tinggalkan, pilih opsi “continue where you left off” dan tutup layar pengaturan.

Untuk Microsoft Edge:

·         Buka aplikasi Microsoft Edge di PC Anda.

·         Pilih tiga titik horizontal di sudut kanan atas, dan klik “Settings”.

·         Pindahkan kursor Anda ke opsi “Start, home, and new tabs”, dan klik di atasnya. Selanjutnya pilih “Remove” dan secara otomatis akan memilih opsi pertama.

Jika Anda lebih suka memulai dari tempat terakhir Anda tinggalkan, pilih opsi “Open tabs from the previous session” dan tutup layar pengaturan.

Untuk Mozilla Firefox:

·         Buka aplikasi Mozilla Firefox di PC Anda

·         Buka pengaturan Firefox> Options> Home

·         Pilih opsi yang berbeda dari about:blank / “Blank Page” sebagai beranda default.

Kesimpulannya, halaman about:blank tidak membahayakan sistem komputer Anda. Anda hanya mendapatkan satu saat browser tidak menampilkan apa pun.

 

Namun, Anda dapat dengan mudah memperbaikinya dengan mengosongkan cache, mengatur ulang pengaturan Anda, atau cukup menutup situs kapan pun itu muncul.

 
Berita Terpopuler