Berjilbab Bagi Pekerja Muslimah Kanada Masih Menjadi Tantangan

Hijab secara inheren dipandang tidak profesional

www.theglobeandmail.com
Muslimah Kanada berjalan melewati sebuah gereja di Montreal, Kanada. (Ilustrasi)
Rep: Ratna Ajeng Tejomukti Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, KANADA -- Mengenakan jilbab adalah keputusan agama individu seorang muslimah, tetapi banyak wanita Muslim di Kanada menghadapi konsekuensi profesional yang tidak semestinya karena menggunakan hak mereka untuk mengenakan apa yang mereka pilih.

Baca Juga

“Bagi sebagian orang, hijab secara inheren dipandang tidak profesional dengan sendirinya,” kata Saleh, yang merupakan asisten profesor di Fakultas Pendidikan di Concordia University of Edmonton.

Saleh mengatakan bahwa wanita yang mengenakan jilbab distereotipkan sebagai orang yang tertindas secara lahiriah, berpotensi tidak cerdas atau cukup mampu untuk membuat keputusan yang tepat dan rasional tentang tubuhnya.

Shefaly Gunjal adalah manajer ekuitas, keragaman dan inklusi (EDI) di Hubungan Warga, sebuah perusahaan komunikasi dan PR global. Dia mencatat bahwa tantangan tambahan bagi wanita Muslim yang mengenakan jilbab adalah bahwa mereka seringkali menjadi satu-satunya orang yang terlihat Muslim di tempat kerja mereka. Karena itu, mereka mungkin mengalami pengawasan yang ketat.

“Anda seperti menjadi mercusuar agama, di mana orang membawa semua asumsi mereka tentang uslim kepada Anda. Ini bisa menjadi agak berlebihan,"ujar Gunjal dilansir di theglobeandmail.com.

Gunjal mengatakan bahwa wanita Muslim yang terlihat di tempat kerja mungkin mengalami kurangnya kekuasaan dan hak istimewa pada ranah ras, gender dan agama. Ini, kata dia, disertai dengan asumsi yang salah yang menghilangkan agensi.

“Saya dapat memberi tahu Anda dari pengalaman pribadi bahwa jilbab adalah pilihan yang saya buat dan saya rayakan untuk diri saya sendiri, dan saya sangat bersemangat tentang itu,"ujar Gunjal. 

 

 

Ketika tempat kerja lebih inklusif bagi perempuan Muslim atau orang-orang terpinggirkan lainnya Gunjal mengatakan bahwa upaya perlu melampaui perubahan tingkat permukaan. Dalam pengalamannya bekerja di EDI, ia mengatakan bahwa ia sering ditanyai tentang pengalamannya yang terasa performatif. 

Namun, dalam perannya saat ini, dia mengatakan bahwa dia merasa seperti melakukan percakapan yang berasal dari keinginan tulus untuk menciptakan tempat kerja yang aman dan ramah.

“Ketika melihat budaya Anda sebagai sebuah organisasi, ini bukan hanya tentang representasi atau keragaman. Ini tentang menciptakan lingkungan di mana orang-orang dari berbagai latar belakang merasa nyaman menjadi diri mereka sendiri,"ujar Gunjal.

Tantangan menavigasi tempat kerja sebagai wanita berhijab semakin rumit di Quebec, di mana jilbab secara eksplisit dilarang dalam profesi tertentu. Pemberlakuan undang-undang sekularisme yang berlaku yang dikenal sebagai RUU 21 mencegah mereka yang berada di banyak pekerjaan sektor publik mengenakan simbol-simbol agama.

Pada tahun 2021, guru sekolah dasar Quebec Fatemeh Anvari dicopot dari posisinya karena berhijab. Kasus ini merupakan indikasi dari isu-isu yang lebih luas yang berdampak pada karir perempuan Muslim di Quebec.

"Di Kanada, ketika seorang wanita memutuskan bahwa dia siap dan dia ingin mengenakan jilbab, dia tidak bisa hanya memikirkan konsekuensi agama,” kata Lina El Bakir, petugas advokasi yang berbasis di Quebec dengan Dewan Nasional Muslim Kanada ( NCCM). 

 

 

Dia juga harus memikirkan peluang dalam karirnya, mimpinya, aspirasinya juga kemampuannya untuk menahan diskriminasi di jalanan dan dalam mengakses layanan.

NCCM telah menangani tantangan hukum bersama Canadian Civil Liberties Association (CCLA), dengan alasan bahwa RUU itu tidak konstitusional. Saat masalah ini terungkap di pengadilan, El Bakir mengatakan bahwa mereka telah mendengar dari wanita berhijab jika peluang karir potensialnya terhenti. Dalam beberapa kasus perempuan dipaksa untuk memilih antara keyakinan agama dan mata pencaharian mereka.

“Kami mendapat kesaksian dari mahasiswa di universitas yang mempelajari pendidikan yang memutuskan untuk melepas jilbab karena merasa tidak bisa menjadi diri sendiri saat mengajar,” kata El Bakir. 

Mereka harus membuat keputusan yang menyayat hati ini, dengan mengorbankan sebagian identitas agar sesuai dengan masyarakat yang mendiskriminasi.

Di Quebec, hambatan di tempat kerja yang dihadapi oleh wanita Muslim yang terlihat jelas ditulis dalam undang-undang. Tapi El Bakir menekankan bahwa masalah ini melampaui batas provinsi.

“Ada keluarga yang meninggalkan Quebec dengan berpikir bahwa Ontario akan lebih aman, atau provinsi lain, tetapi diskriminasi masih terjadi. Penting untuk diketahui bahwa Quebec memiliki RUU 21, tapi sayangnya Islamofobia tidak mengenal batas,"ujar El Bakir.n

 
Berita Terpopuler