Hari Pertama UTBK-SBMPTN 2022, Unpad Sediakan Ruangan Khusus

Unpad menetapkan protokol kesehatan yang ketat untuk para peserta UTBK-SBMPTN 2022.

network /Kampus Republika
.
Rep: Kampus Republika Red: Partner

Universitas Padjadjaran (Unpad) menggelar UTBK-SBMPTN 2022 dalam dua sesi. Foto : youtube unpad

Kampus—Sebanyak 11.312 peserta mengikuti UTBK-SBMPTN 2022 di Pusat UTBK Universitas Padjadjaran (Unpad) di Kampus Jatinangor, mulai Selasa (17/5/2022). Unpad menyediakan ruangan khusus yang bisa digunakan untuk ujian bagi peserta yang terindikasi positif Covid-19 ataupun sedang sakit.

Koordinator Pelaksana UTBK-SBMPTN Unpad Inu Isnaeni Sidiq, PhD, mengatakan, dalam satu hari, pelaksanaan ujian dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama digelar pada pukul 06.45 -11.00 WIB, sedangkan sesi kedua digelar pada pukul 13.00- 16.30 WIB. Untuk mengantisipasi penularan penyakit, baik Covid-19 maupun infeksi lainnya, Unpad menetapkan protokol kesehatan yang ketat untuk para peserta. Setiap peserta dipastikan sehat dan aman untuk masuk ke dalam ruangan ujian.

Berita terkait : Ini Aturan UTBK-SBMPTN 2022 di Unpad, Peserta Harus Sudah Vaksin

“Sebelum masuk ruangan, peserta dibariskan dan diatur jaraknya sesuai protokol kesehatan. Peserta kemudian dicek suhu dan dicek menggunakan metal detector untuk memastikan mereka tidak membawa alat yang bisa digunakan untuk berbuat curang,” kata Inu Isnaeni seperti dikutip dari laman unpad.co.id, Selasa (17/05/22).

Peserta juga diwajibkan menginstal aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi tersebut digunakan untuk bisa masuk ke dalam kampus Unpad dan ruangan ujian. Melalui aplikasi tersebut, Unpad dapat mengetahui status vaksinasi dan kondisi kesehatan setiap peserta. “Nanti akan tahu apakah peserta sudah vaksinasi lengkap atau sudah antigen/belum. Jika kemudian sakit dan dinyatakan positif, nanti akan muncul warna hitam,” ujarnya.

Jika ditemukan ada peserta yang terindikasi positif Covid-19 ataupun sedang sakit, Unpad telah menyiapkan ruangan khusus yang bisa digunakan untuk ujian. Lebih lanjut Inu mengatakan, Unpad juga memastikan ruangan ujian aman dari penularan penyakit. Setiap ruangan ujian akan dilakukan penyemprotan disinfektan sebelum dan sesudah pelaksanaan ujian.

Unpad mewajibkan peserta mematuhi peraturan mengingat pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 masih dilakukan di tengah suasana pandemi Covid-19. Ini mengingatkan peserta untuk memahami dan menaati ketentuan yang ditetapkan LTMPT maupun Pusat UTBK Unpad.

“Tolong dibaca lagi tata tertib yang sudah diumumkan dan bisa dibaca di laman LTMPT dan halaman Pusat UTBK Unpad,” ujar Inu.

Berita terkait : Enam Tips Persiapan UTBK-SBMPTN 2022 dari Unpad

Mengenai protokol kesehatan, bagi peserta yang sudah divaksinasi satu dan dua dapat mengikuti ujian tanpa membawa hasil tes antigen/PCR. Namun, peserta tetap akan dipantau kondisi suhu tubuh dan kesehatannya. Sementara bagi peserta yang belum vaksinasi wajib untuk membawa hasil tes antigen maksimal 1×24 jam atau hasil tes PCR maksimal 2×24 jam. Inu mengatakan, persyaratan vaksinasi atau membawa hasil tes antigen/PCR merupakan ketetapan yang berlaku di semua pusat UTBK di Indonesia. Sosialisasi mengenai ketetapan ini sudah dilakukan sejak lama, sehingga peserta diwajibkan mematuhi peraturan tersebut.

“Bagi peserta yang belum vaksin dan tidak membawa hasil tes antigen/PCR konsekuensinya yang bersangkutan tidak boleh mengikuti ujian,” jelas Inu.

Selain itu, peserta wajib disiplin waktu. Panitia UTBK Unpad telah memberikan toleransi keterlambatan untuk pelaksanaan ujian di sesi pagi selama 30 menit. Peserta yang datang terlambat melebihi waktu tersebut tidak diperkenankan memasuki ruangan ujian. “Kami akan catat identitas yang bersangkutan beserta permasalahannya dan kami akan laporkan ke LTMPT pusat,” kata Inu.

Inu memparkan, peserta juga wajib membawa dokumen persyaratan yang diperlukan. Mulai dari kartu tanda peserta UTBK-SBMPTN 2022, surat keterangan kelas XII atau keterangan lulus bagi lulusan tahun 2022, ijazah yang sudah dilegalisasi bagi peserta lulusan 2020-2021, serta kartu identitas. Seluruh dokumen tersebut wajib dibawa dalam bentuk cetak. Inu juga mengingatkan peserta untuk membawa perlengkapan protokol kesehatan, yaitu penyanitasi tangan (hand sanitizer) dan masker medis cadangan.

Berita terkait :

Hal yang Mungkin Terjadi Pada Hari H UTBK 2022 dan Cara Mengantisipasinya

Ini Jadwal Lengkap Terbaru UTBK-SBMPTN 2022 Setelah Perubahan

Ikut UTBK-SBMPTN 2022, Apakah Wajib Sudah Vaksinasi Booster ?

Siapkan Diri, Ini 10 Tips Lolos UTBK-SBMPTN 2022

Peserta Wajib Tahu, Begini Sistem Penilaian dan Strategi Mengerjakan Soal UTBK-SBMPTN 2022

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

 
Berita Terpopuler