Dari Handuk, Infeksi Jamur Bisa Menyebar

Handuk basah adalah tempat berkembang biaknya bakteri, jamur, dan virus.

www.freepik.com.
Handuk. Infeksi jamur, virus, dan bakteri dapat menyebar lewat penggunaan handuk.
Rep: Rahma Sulistya Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Praktisi kedokteran keluarga, Melinda Ratini, menyebutkan bahwa handuk basah adalah tempat berkembang biaknya bakteri, jamur, dan virus. Menyeka kulit dengan handuk mandi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, misalnya "jock itch" alias gatal di bagian selangkangan.

Jock itch atau dikenal sebagai tinea cruris adalah infeksi jamur yang utamanya memengaruhi selangkangan dan paha bagian dalam. Penderitanya akan mengalami gatal dan ruam merah, terkadang berbentuk seperti cincin.

"Gatal di selangkangan biasanya dimulai dengan area kulit yang memerah di lipatan selangkangan," kata Mayo Clinic. dilansir laman Express.co.uk, Selasa (15/3/2022).

Baca Juga

Ruam cenderung menyebar ke paha atas dalam berbentuk setengah bulan dan garis lepuh kecil. Jenis infeksi jamur ini dapat menyebar dari orang ke orang jika mereka berbagi handuk. Jock itch biasanya disebabkan oleh jamur yang sama yang menyebabkan kutu air.

"Infeksi sering menyebar dari kaki ke selangkangan karena jamur dapat menyebar di tangan atau handuk," kata Mayo Clinic dalam penjelasannya.

Jika pernah mengalami kutu air, keringkan kaki untuk mencegah infeksi menyebar ke daerah selangkangan. Jika sudah telanjur menderita gatal di selangkangan, salep antijamur yang dijual bebas dapat menghilangkan infeksi.

"Jika kita juga menderita kutu air, biasanya diobati bersamaan dengan gatal di selangkangan untuk mengurangi risiko munculnya ruam kembali," kata para ahli.

Jika infeksi tidak hilang dengan pengobatan yang dijual bebas, maka krim, salep, atau pil dengan resep dokter mungkin diperlukan. Bicaralah dengan dokter jika perlu mendapatkan resep untuk kedua infeksi tersebut.

Selain gatal-gatal dan kutu air, Ratini mengatakan bahwa penggunaan handuk kotor juga dapat menyebabkan infeksi jamur kuku. NHS menjelaskan bahwa infeksi jamur kuku biasanya dimulai di tepi kuku kaki.

Begitu terinfeksi jamur, kuku kaki akan berubah warna, menebal, dan rapuh. Kuku bisa robek.

"Ini dapat menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan pada kulit di sekitar kuku," papar NHS.

Infeksi semacam itu dapat diobati dengan salep antijamur. Akan tetapi, untuk menghilangkan infeksi sepenuhnya bisa memakan waktu hingga satu tahun.

Mengingat risiko kesehatan yang terkait dengannya, seberapa sering handuk mandi harus dibersihkan? Ratini merekomendasikan untuk mencuci handuk setidaknya sepekan sekali.

Pastikan juga handuk mengering dengan baik setelah digunakan. Dalam cuaca lembap atau jika seseorang sakit, maka disarankan untuk mencuci handuk lebih teratur.

 
Berita Terpopuler