Makna di Balik Gunungan Wayang: Dari Uang Koin, Lambang G20, Sampai Logo Baru Halal MUI

Wayang Gunungan bukan sekadar pelengkap, namun sangat sarat makna.

network /Kurusetra
.
Rep: Kurusetra Red: Partner

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Indonesia pernah memiliki uang logam bergambar Gunungan Wayang yang terukir di logam Rp 100 keluaran tahun 1978. Empat puluh empat tahun kemudian, Gunungan Wayang menjadi simbol perhelatan G20. Dan yang teranyar Gunungan Wayang menjadi ide dasar dari logo Halal Indonesia.

Wayang adalah salah satu warisan budaya sebagai sarana bercerita yang ampuh kepada masyarakat luas. Selain menceritakan sisi kehidupan manusia, wayang juga pernah dijadikan sarana dakwah para wali.

BACA JUGA: Klarifikasi dan Minta Maaf, Ustadz Khalid: Tak Ada Kata-Kata Saya Haramkan Wayang

Menukil laman jbbudaya.jogjabelajar.org, Gunungan Wayang adalah perangkat dalam kesenian wayang kulit yang berwujud menyerupai gunung. Gunungan dikenal dengan istilah kayon yang berasal dari mata kayu karena menggambarkan pohon kehidupan (pohon hayat) beserta hewan penghuni hutan.

Gunungan Wayang ini pertama kali diciptakan pada tahun 1443 Caka, yaitu tahun dengan sengkalan berbunyi Geni Dadi Sucining Jagad. Di masa lalu, pertunjukan wayang hanya menggunakan satu Gunungan dan hingga kini masih dilestarikan Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat hingga kini.

BACA JUGA: Gus Dur Kiai NU yang Tergila-gila Wayang, Muhadjir Effendy Santri Muhammadiyah Keturunan Dalang

Gunungan akan menjadi pembuka dan penutup pertunjukan wayang. Gunungan akan ditancapkan tegak lurus sebelum dimulai dan ketika pertunjukan selesai. Hal ini dikenal dengan istilah tancep kayon.

Wayang Gunungan bukan sekadar pelengkap, namun sangat sarat makna. Gunungan biasanya dilengkapi dengan beberapa gambar yang mewakili alam semesta.

1. Rumah atau balai dengan lantai bertingkat tiga dan pada bagian daun pintu rumah dihiasi lukisan Kamajaya berhadapan dengan Dewi Ratih.

2. Dua raksasa berhadapan dengan membawa senjata pedang atau gada lengkap dengan tamengnya.

3. Dua naga bersayap.

4. Hutan belantara dengan satwa-satwa.

5. Harimau berhadapan dengan banteng.

6. Pohon besar di tengah hutan yang dililit seekor ular.

7. Kepala makara di tengah pohon.

8. Dua ekor kera dan lutung di atas ranting.

9. Dua ekor ayam alas bertengger di atas cabang pohon.

BACA JUGA: Gus Dur Nonton Wayang Ngumpet-Ngumpet karena Takut Diomelin Mbah Hasyim)

Gunungan pada wayang kulit berbentuk kerucut atau lancip ke atas yang melambangkan kehidupan manusia. Semakin tinggi ilmu dan semakin tua usia, manusia harus semakin mengerucut (golong gilig) manunggaling Jiwa, Rasa, Cipta, Karsa, dan Karya dalam kehidupan kita (semakin dekat dengan Sang Pencipta).

Sementara gapura dan dua penjaga pada Gunungan Wayang Kulit (Cingkoro Bolo dan Bolo Upoto) melambangkan hati manusia baik dan buruk. Tameng dan godho yang dipegang oleh raksasa tersebut diterjemahkan sebagai penjaga alam dan terang.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Lap Gelas Pakai Celana Dalam, Aduk Kopi Pakai Sikat Gigi

Pohon besar yang tumbuh menjalar ke seluruh badan dan puncak gunungan melambangkan segala budidaya dan perilaku manusia harus tumbuh dan bergerak maju alias dinamis, sehingga bermanfaat dan mewarnai dunia dan alam semesta. Pohon besar yang ada pada gunungan juga melambangkan Tuhan memberi pengayoman dan perlindungan bagi manusia yang hidup di dunia ini.

Sementara burung melambangkan manusia harus membuat dunia serta alam semesta menjadi indah dalam spiritual dan material. Banteng pada gunungan melambangkan manusia harus kuat, lincah, ulet, dan tangguh. Sedangkan kera melambangkan sifat manusia harus seperti kera mampu memilih dan memilah baik-buruk, manis-pahit, karena kera mampu memilih buah yang baik, matang dan manis. Harapannya, manusia dapat memilih perbuatan baik dan buruk.

BACA JUGA: Cak Nun: Wayang Itu Syirik Kalau Jadi Penyebab Menduakan Tuhan

Harimau di alam liar digambarkan sebagai raja hutan. Tetapi pada gunungan harimau dilambangkan manusia harus menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri, harus mampu bertindak bijaksana, dan mampu mengendalikan nafsu serta hati nurani. Tujuannya agar menjadi manusia yang lebih baik, yang pada akhirnya bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar. Sementara rumah joglo atau gapuran melambangkan suatu rumah atau Negara yang didalamnya memiliki kehidupan aman, tenteram, dan bahagia.

LOGO HALAL BARU INDONESIA

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama menetapkan label halal yang berlaku nasional, yang bentuknya mengadopsi bentuk gunungan pada wayang. Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham mengatakan, mengatakan bahwa label halal Indonesia secara filosofi mengadaptasi nilai-nilai ke-Indonesia-an.

Huruf Arab penyusun kata halal yang terdiri atas ha, lam alif, dan lam disusun dalam bentuk menyerupai gunungan pada wayang. "Bentuk label halal Indonesia terdiri atas dua objek, yaitu bentuk gunungan dan motif surjan atau lurik. Gunungan pada wayang kulit yang berbentuk limas, lancip ke atas, ini melambangkan kehidupan manusia," katanya.

BACA JUGA: Raden Fatah di Balik Wayang Hanya Bermata Satu dan Tradisi Sekatenan

Menurut dia, bentuk gunungan menggambarkan bahwa semakin tinggi ilmu dan semakin tua usia, manusia harus semakin mengerucut atau semakin mendekat ke Sang Pencipta.Motif surjan pada label halal juga mengandung makna filosofis.

Bagian leher surjan memiliki kancing tiga pasang atau enam biji, yang menggambarkan rukun iman, dan motif lurik sejajar satu sama lain mengandung makna sebagai pemberi batas yang jelas. Warna utama dan sekunderlabel halal Indonesia pun punya makna.

BACA JUGA: Sujiwo Tejo: Wayang Diharamkan ya Monggo, Toh Sudah Sejak Zaman Sunan Giri

"Warna (utama) ungu merepresentasikan makna keimanan, kesatuan lahir batin, dan daya imajinasi. Sedangkan warna sekundernya adalah hijau toska, yang mewakili makna kebijaksanaan, stabilitas, dan ketenangan," tutur Aqil.

Makna yang terkandung pada bentuk dan warna label halal sejalan dengan tujuan penyelenggaraan Jaminan Produk Halal di Indonesia untuk menghadirkan kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat. (BACA SELENGKAPNYA DI REPUBLIKA.CO.ID: Logo Baru Label Halal Berbentuk Gunungan Wayang Kulit, Ini Penjelasan Kemenag)

JANGAN LEWATKAN ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

> Setelah Wayang, Kini Nasi Padang yang Diharamkan

> Sujiwo Tejo: Babi Saja Buatan Tuhan Diharamkan, Apalagi Wayang Buatan Manusia

> Sujiwo Tejo: Yang Belain Wayang Mungkin Hanya Ingin Gaduh

> Gus Baha: Sunan Giri Sebut Wayang Haram, Sunan Kudus Bilang Digepengkan Biar Halal

> Viral Pernikahan Beda Agama di Semarang, Mempelai Wanita Berhijab Ikut Pemberkatan di Gereja

TONTON VIDEO PILIHAN UNTUK ANDA:

iv>

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di KURUSETRA dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

 
Berita Terpopuler