Humor Gus Dur: Kiai Poligami karena tak Boleh ke Diskotek

Gus Dur ternyata sering disarankan untuk menikah lagi untuk mendapatkan anak laki-laki.

network /Kurusetra
.
Rep: Kurusetra Red: Partner

Gus Dur ternyata sering disarankan untuk menikah lagi untuk mendapatkan anak laki-laki.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Gus Dur memiliki empat anak perempuan, nah seorang kiai yang "hanya" memiliki anak perempuan dirasa belum lengkap. Karena itu, Gus Dur ternyata sering disarankan untuk menikah lagi untuk mendapatkan anak laki-laki.

Namun, Gus Dur emoh bahkan memilih melarikan diri ketika diperkenalkan dengan sejumlah perempuan yang diharapkan dinikahi Gus Dur. Dalam sebuah kesempatan di peringatan Hari Kartini 2002 di Kota Yogyakarta, Gus Dur mengungkit perihal poligami ini.

“Karena kalau disebutkan poligami boleh dilakukan asal adil, dan yang menentukan adil tidaknya itu seharusnya adalah sang obyek, yaitu si perempuan,” ujar Gus Dur seperti dinukil dari NU Online.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Kalau Punya Duit Saya Mending Dagang Rambutan daripada Bikin Bank Islam

Istri Gus Dur, Shinta Nuriyah mengulum senyum mendengar ucapan suaminya. Walau di depan istrinya, Gus Dur tetap menyelipkan candaan terkait poligami.

Gus Dur ketika itu kemudian melanjutkan pernyataannya dengan sebuah analisis di balik alasan kiai NU banyak yang poligami. “Ya gimana lagi, lha kiai itu datang ke diskotek aja enggak boleh, ke tempat prostitusi apalagi. Ya sudah satu-satunya jalan ya poligami itu!” tuturnya.

BACA JUGA: Sujiwo Tejo: Babi Saja Buatan Tuhan Diharamkan, Apalagi Wayang Buatan Manusia

TONTON VIDEO PILIHAN UNTUK ANDA:

iv>

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di KURUSETRA dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

 
Berita Terpopuler