Humor Gus Dur: Gempa Yogya Terjadi karena Nyai Roro Kidul Marah Dipaksa Pakai Jilbab

Jawaban Gus Dur membuat seorang KASAD tertawa terpingkal-pingkal.

network /Kurusetra
.
Rep: Kurusetra Red: Partner

Gus Dur berkata jika gempa bumi di Yogyakarta karena Nyai Roro Kidul marah.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Pada 27 Mei 2006, Indonesia dikejutkan dengan bencana alam gempa bumi yang menghancurkan Yogyakarta. Gempa sebesar 5,9 Skala Richter itu menghancurkan banyak bangunan di Yogyakarta dan sekitarnya. Namun di balik bencana itu KH Abdurrahman Wahid punya cerita lucu.

Gus Dur bercerita, saat itu dia diwawancarai ke sebuah stasiun televisi milik negara, TVRI. Gus Dur ditanya soal sebab-sebab gempa bumi di Bantul, Yogyakarta.

Gus Dur yang seorang kiai dan tidak punya dasar keilmuan pun tidak bisa menjawab. "Loh bayangin saya bukan ahli geologi," cerita Gus Dur suatu waktu.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Ratusan Orang NU Jadi Muhammadiyah karena Sholat Tarawih

Namun Gus Dur akhirnya menjawab pertanyaan tersebut cenderung mistis tetapi jenaka. Ia berkata jika penyebab gempa Yogyakarta karena campur tangan Nyai Roro Kidul.

"Saya jawab, itu mungkin gempa bumi terjadi di sana (Bantul) karena Nyai Roro Kidul dipaksa pakai jilbab. Jadi marah dia," ucap Gus Dur.

Gara-gara jawaban itu, menurut Gus Dur ada satu KASAD yang ngakak dan masih ingat setiap kali bertemu dengannya.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: No Smoking Artinya Nahdatoel Oelama Merokok

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di KURUSETRA dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

 
Berita Terpopuler