Perempuan Tua Bertanya Perihal Surga, Rasulullah: Di Surga tak Ada Nenek-Nenek

Rasulullah bergurau jika di surga tidak ada nenek-nenek, karena nanti semua penghuninya akan dikembalikan menjadi muda.

network /Kurusetra
.
Rep: Kurusetra Red: Partner

Rasulullah pernah bergurau kepada seorang perempuan tua yang bertanya perihal surga kepadanya. Rasulullah menjawab jika di surga tidak ada nenek-nenek. Foto: Ilustrasi nenek-nenek (Republika).

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Rasulullah Shalallahu Alahi Wassalam tidak hanya bercanda dengan para sahabatnya saja. Salah satu kisah paling mahsyur adalah saat Beliau Shalallahu Alahi Wassalam berguyon dengan seorang nenek.

Suatu ketika, seorang perempuan yang sudah berusia lanjut mendatangi Rasulullah. Ia bertanya perihal surga sekaligus minta didoakan Rasulullah.

"Ya Rasulullah, apakah aku akan masuk surga? Tolong doakanlah agar aku masuk surga," kata sang nenek memohon kepada Rasulullah.

Rasulullah lalu menjawab sembari bercanda. Namun candaan Rasulullah bukan dengan cara berdusta.

"Nenek, nenek-nenek tidak akan masuk surga," kata Baginda Nabi.

BACA JUGA: Apa Kira-Kira Jawaban Gus Dur Soal Isu Wayang Haram?

Mendengar ucapan Rasulullah itu pun perempuan tua itu langsung menangis dan pergi. Baginda Nabi lalu berkata kepada para sahabatnya kabar gembira kepada nenek tersebut, karena di surga memang tidak ada nenek-nenek.

"Beri tahulah ia bahwa ia tidak akan masuk surga dalam keadaan tua seperti itu karena Allah SWT berfirman, 'Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung. Dan, kami jadikan mereka gadis perawan' (Al Qaaqiah:35-36)," ujar Rasulullah.

 
Berita Terpopuler