Ternyata Ada Setan yang tak Dibelenggu Selama Ramadhan

Setan dari golongan manusia yang tidak terbelenggu.

network /Kurusetra
.
Rep: Kurusetra Red: Partner

Ustadz Salim A Fillah menceritakan jika ada setan yang tidak dibelenggu selama Ramadhan.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Dalam salah satu sabdanya, Rasulullah menyebut selama bulan Ramadhan setan-setan dibelenggu. Namun, Ustadz Salim A Fillah mengatakan tidak semua setan terbelenggu. Setan yang terbelenggu itu hanya dari golongan jin sehingga tidak bisa menggoda manusia.

“Tapi setan dari golongan manusia tidak terbelenggu,” ujar Ustadz Salim seperti dinukil dari PWMU.co. Ustadz Salim merujuk Surat an-Nas bahwa setan itu terdiri dari dua golongan: jin dan manusia.

Sebenarnya setan jenis manusia juga terbelenggu, tapi batinnya saja. "Karena kesempatan untuk melakukan (banyak) dosa tidak seperti bulan-bulan yang lain," kata Ustadz Salim sembari tertawa.

Dan ketawa peserta pun semakin kriuk-kriuk ketika Ustadz Salim berharap agar di antara hadirin jamaah Zoomiyah, tidak ada yang merasa terbelenggu. “Jangan sampai nanti euforianya Idul Fitri bukan (karena) berhasil mentaati Allah, tapi ‘Hore! Bebas dari belenggu!’.” ucapnya sambil tertawa, menirukan kegembiraan setan, eh manusia yang merasa terbelenggu di bulan Ramadhan.

Dia lalu menjelaskan dengan serius —meski saja tetap lucu- jika ada manusia di malam Idul Fitri yang merasa bebas dari belenggu, berarti ada sifat setan dalam dirinya. “Waduh, naudzu billahi min dzalik!”

 
Berita Terpopuler