Muwakif Milenial Alami Pertumbuhan

Profil donatur wakaf hingga saat ini mengalami perluasan yang positif.

Foto : MgRol112
Ilustrasi Wakaf
Rep: Rossi Handayani Red: Agung Sasongko

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Direktur Program Rumah Zakat (RZ), Murni Alit Baginda mengatakan, wakif dari kalangan milenial alami pertumbuhan dengan prosentase mencapai lebih dari 50 persen.

Baca Juga

"Betul donasi wakaf kami juga tumbuh dengan keterlibatan muwakif milenial. Dengan komposisi 58 persen dari total muwakif tahun ini," kata Murni pada Kamis (25/11).

Rumah Zakat memiliki sejumlah program wakaf, di antaranya wakaf produktif, masjid, wakaf sumber air dan wakaf untuk ibu. Murni mengatakan, pertumbuhan wakif milenial disebabkan karena tersedianya channel pembayaran wakaf.

"Kondisi milenial ini bertambah signifikan dalam analisis kami karena kemudahan (channel) dalam berdonasi, seperti donasi online, kegiatan sosialisasi melalui sosmed, tiktok dan event gelombang wakaf yang mengangkat tema dan issue kekinian," ucap Murni.

Berdasarkan data dari Forum Wakaf Produktif, profil donatur wakaf hingga saat ini mengalami perluasan yang positif. Berdasarkan rentang usia, profil donatur kalangan milenial (24 tahun-35 tahun) mendominasi sebesar 48 persen.

 

 

Sementara, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) turut mengalami kenaikan dari donatur milenial. Ketua Baznas RI, Noor Achmad mengatakan kenaikan dari donatur milenial disebabkan karena kesadaran agama yang tinggi.

"Alhamdulillah rata-rata ZIS (Zakat Infak dan Sedekah) perorangan dari kaum milenial naik rata-rata 40 persen. Memang ini fenonena yang sangat menarik, kami belum melakukan penelitian mengenai latar belakang kesadaran yang tinggi kaum milenial berzakat infaq shadaqah tetapi yang saya tangkap adalah adanya kesadaran keagamaan yg tinggi," kata Noor.

 
Berita Terpopuler