Balasan Bagi yang Menjaga dan Meninggalkan Sholat

Seorang Muslim wajib hukumnya untuk melaksanakan sholat lima waktu.

Republika/Prayogi
Ilustrasi Sholat. (Republika/ Prayogi )
Rep: Andrian Saputra Red: Agung Sasongko

IHRAM.CO.ID, Sebagai seorang Muslim wajib hukumnya untuk melaksanakan sholat lima waktu. Dan jangan sekali-kali meninggalkannya. Maka bagi Muslim yang pernah meninggalkan sholat di masa lalunya segeralah bertaubat, beristighfar, memohon ampun kepada Allah karena perbuatannya melalaikan sholat. Dan mulai dari situ berjanji untuk beristiqamah dan tidak akan lagi meninggalkan sholat lima waktu. 

Baca Juga

Pada tulisan ini akan dijelaskan balasan bagi orang yang memelihara sholatnya dan balasan bagi orang yang meremehkan atau meninggalkan sholatnya. Keterangan ini dapat ditemukan pada kitab at Targib wat Tarhib. Sejatinya keterangan ini satu kesatuan utuh, namun agar mempermudah pembaca, maka penulis membagi-baginya. 

 

5 balasan bagi yang menjaga sholatnya

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ حَافَظَ عَلَى الصَّلَاةِ اَكْرَمَهُ اللَّهُ بِخَمْسِ خِصَالٍ :  يَرْفَعُ عِنْهُ ضِسْقَ الْعَيْشِ وَعَذَابَ الْقَبْرِوَيُعْطِيَهُ اللَّهُ كِتَابَهُ بِيَمِيْنهِ ِوَيَمُرُّ عَلَى الصِّرَاطٍ كَالْبَرْقِ وَيَدْخُلُ الْجَنَّةَ بِغَيْرِ حِسَابٍ 

Bersabda Rasulullah ﷺ Barangsiapa yang benar-benar memelihara sholat, maka Allah memuliakannya dengan lima perkara. Allah akan menghilangkan dari orang itu sulitnya kehidupan, Allah akan menghilangkan azab kubur baginya, Allah berikan kepada dia catatan amalnya (diterima) dengan tangan kanannya orang itu (tanda Allah menerima hamba), dan dia akan melewati di atas jembatan sirat seperti cepatnya kilat, dan dia akan masuk ke surga dengan tanpa di hisab. 

15 siksaan bagi yang meremehkan atau meninggalkan sholat

وَمَنْ تَهَاوَنَ بِاالصَّلَاةِ عَاقَبَهُ اللَّهُ بِخَمْسِ عَشَرَةَ عُقُوْبَةً سِتٍّ فِى الدُّنْيَاوَثَلَاثٍ عِنْدَالْمَوْتِ وَثَلَاثٍ عِنْدَدُخُوْلِهِ فِى الْقَبْرِوثَلَاَثٍ عِنْدَلِقَاءِرَبِّهِ (اَىْ مَوْقِفِ الْقِيَامَةِ) 

Dan barangsiapa meremehkan sholat akan menghukum Allah padanya dengan lima belas macam hukuman. Enam siksaan ada di dunia, dan tiga siksaan saat mati, dan tiga siksaan ketika dia masuk ke liang kubur, dan tiga siksaan ketika bertemu Allah (maksudnya ketika di hari kiamat). 

 

 

6 siksa di dunia bagi orang yang meninggalkan sholat

فَاَمَّااللَّوَاتِى فِى الدُّنْيَافَالْاُوْلَى تُنْزَعُ الْبَرَكَةُ مِنْ عُمْرِهِ , وَالثَّانِيَةُ تُمْحَى سِيَّمَا الصَّالِحِيْنَ مِنْ وَجْهِهِ وَالثَّالِثَةُ كُلُّ عَمَلٍ يَعْمَلُهُ لَا يُؤَاجِرُهُ اللَّهُ عَلَيْهَ وَالرَّابِعَةُ لَا يُرْفَعُ لَهُ دُعَاءٌ إِلَى السَّمَاءِوَالْخَامِسَةُ لَيْسَ لَهُ حَظٌّ فِى دُعَاءِ الصَّالِحِيْنَ وَالسَّادِسَةُ تَخْرُجُ رُوْحُهُ بِغَيْرِاِيْمَانٍ 

Adapun siksaan-siksaan di dunia yang pertama akan dicabut barokah dari umurnya, yang kedua dihapus tanda-tanda orang saleh dari wajahnya, dan ketiga setiap amal yang dikerjakan Allah tidak akan memberi pahala padanya atas amal tersebut, keempat tidak terima doanya ke langit, dan kelima tidak ada bagian baginya dalam doanya orang-orang saleh, dan keenam akan keluar ruhnya dengan tanpa iman.  

3 siksa ketika orang yang meninggalkan sholat mati

وَأَمَّاالَّتِى تُصِيْبُهُ عِنْدَ الْمَوْتِ فَالْاُوْلَى أَنْ يَمُوْتَ ذَلِيْلًا وَالثَّانِيَةُ أَنْ يَمُوْتَ جَائِعًاوَالثَّالِثَةُ أَنْ يَمُوْتَ عَطْشَانَ وَلَوْسُقِىَ بِحَارِ الدُّنْيَامَارَوِىَ 

Dan adapun siksaan ketika orang yang meremehkan sholat itu telah mati adalah, yang pertama orang itu akan mati hina, kedua mati dalam keadaan lapar, dan ketiga mati kehausan bahkan seandainya ia diberi minum semua air di dunia niscaya dia tidak menjadi segar atau hilang hausnya. 

 

 

 

3 siksa ketika orang yang meninggalkan sholat berada di dalam kubur

وَأَمَّاالَّتِى تُصِيْبُهُ فِى الْقَبْرِ فَالْاُوْلَى يُضَيِّقُ اللَّهُ عَلَيْهِ الْقَبْرَ حَتَّى تَخْتَلِفَ أَضْلَا عُهُ وَالثَّانِيَةُ يُوْقَدُ عَلَيْهِ فِى قَبْرِهِ يَتَقَلَّبُ عَلَى الْجَمْرِ لَيْلًا وَنَهَارًا. وَالثَّالِثَةُ يُسَلَّطُ عَلَيْهِ فِى قَبْرِهِ ثُعْبَانٌ اسْمُهُ الشُّجَاعُ الْاَقْرَعُ يَضْرِبُهُ عَلَى تَضْيِيْعِ الصَّلَوَاتِ  وَيَسْتَغْرِقُ تَعْذِيْبُهُ بِمِقْدَارِأَوْقَاتِ الصَّلَوَاتِ 

Dan adapun siksaan ketika orang yang meremehkan sholat itu berada di liang kubur, pertama akan menyempitkan Allah kuburnya sehingga hancur lebur tulang-tulangnya, kedua dinyalakan api atas orang tersebut di alam kuburnya sehingga ia bulak balik di atas api itu singa dan malam, ketiga dikuasakan ular besar untuk menyiksa orang itu di liang kuburnya, ular itu bernama As Syujaul Aqra yang akan memakannya karena meninggalkan sholat,  dengan siksaan ukuran lamanya ia meremehkan shalat.

3 siksa ketika orang yang meninggalkan sholat bertemu Allah

وَاَمَّاالَّتِى تُصِيْبُهُ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ اِذَاانْشَقَّتِ السَّمَاءُيَأْتِيْهِ مَلَكٌ وَبِيَدِهِ سِلْسِلَةٌ ذَرْعُهَاسَبْعُوْنَ ذِرَاعًافَيُعَلِّقُهَافِى عُنُقِهِ ثُمَّ يُدْخِلُهَا فِى فِيْهِ وَيُخْرِجُهَامِنْ دُبُرِهِ وَهُوَيُنَادِىْ هَذَاجَزَاءُمَنْ يُضَيِّعُ فَرَائِضَ اللَّهِ قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُمَا :  لَوْأَنَّ حَلَقَةً مِنَ السِّلْسِلَةِ وَقَعَتْ عَلَى الْاَرْضِ لَاَ حْرَقَتْهَا اَلثَّانِيَةُ لَايَنْظُرُاللَّهُ اِلَيْهِ وَالثَّالِثَةُ لَا يُزَكِّيْهِ وَلَهُ عَذَابٌ اَلِيْمٌ 

Dan adapun siksaan ketika orang yang meremehkan sholat itu bertemu Allah, pertama jika telah terbelah langit bakal datang kepada orang itu malaikat dan di tangannya itu ada rantai yang panjang rantai itu tujuh puluh dzira' lalu dikalungkan rantai itu dilehernya orang itu. Kemudian malaikat memasukan rantai tersebut di mulutnya orang itu lalu malaikat mengeluarkan rantai itu (menariknya) dari duburnya, sambil malaikat itu menyeru Inilah balasan orang yang menyia-nyiakan sholat fardhu. Berkata ibnu Abbas, andai satu lubang rantai saja jatuh di muka bumi pasti membakar bumi saking panasnya. Kedua, Allah tidak akan melihat orang itu dan ketiga Allah tidak akan mensucikan dosanya dan baginya azab yang pedih.

 

Keadaan orang yang meninggalkan sholat ketika hari kiamat 

 وَيُرْوَى أَنَّ أَوَّلَ مَايَسْوَدُّيَوْمَ الْقِيَامَةِ وُجُوْهُ تَارِكِى الصَّلَاةِ وَأَنَّ فِى جَهَنّمَ وَادِيًايُقَالُ لَهُ لَمْلَمُ فِيْهِ حَيَّاتٌ كُلُّ حَيَّةٍ بِثِخَنِ رَقَبَةِ الْبَعِيْرِ طُوْ لُهَامَسِيْرَةُ شَهْرٍ تَلْسَعُ تَارِكَ الصَّلَاةِ فَيَغْلِى سُمُّهَافِى جَسَدِهِ سَبْعِيْنَ سَنَةً يَتَحَرَّى لَحْمُهُ

Diriwayatkan bahwa yang pertama-tama menjadi hitam di hari kiamat adalah wajah-wajah orang yang meninggalkan sholat, dan sungguh di neraka jahanam ada lembah atau jurang yang disebut jurang itu Lamlam yang di dalamnya ada ular-ular, setiap ular sebesar leher unta, dan panjangnya seperti orang berjalan sebulan, ular itu mematuk orang yang meninggalkan sholat, kemudian mendidih bisanya ular di tubuh orang itu tujuh puluh tahun, kemudian mengelupas dan membusuk dagingnya. 

 

 
Berita Terpopuler