Kemegahan Meknes, Barawal dari Benteng Militer

Meknes merupakan karya besar pertama Dinasti Alawiyyin.

muchmarocco.com
Bangunan bersejarah di Meknes, Maroko.
Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti Red: Agung Sasongko

IHRAM.CO.ID, Meknes merupakan karya besar pertama Dinasti Alawiyyin, yang mencerminkan kemegahan penciptanya. Desain perkotaan memperlihatkan integrasi elemen-elemen arsitektur Islam dan Eropa.

Baca Juga

Berbagai bangunan di sana dikelilingi oleh benteng yang menjadi pelindung. Desain kota ini dibangun dengan gaya Hispano-Moor.

Penyebutan Meknes berasal dari suku Meknassa yang mendominasi Maroko timur pada abad ke-8. Secara geografis, kota ini terletak di Dataran Saiss. Bangunannya merupakan bukti kemapanan kehidupan sosial-ekonomi kuno.

Sudut kota Meknes, Maroko. - (roughguides.com)

Kota ini didirikan oleh Sultan Moulay Ismail (1672-1727).Kota bersejarah Meknes didirikan pada 1061 Masehi oleh Daulah al-Murabithun sebagai benteng militer.

Di belakang tembok tinggi di sana terdapat sembilan gerbang monumental. Terdapat 25 masjid, 10 pemandian, istana, penginapan, dan rumah-rumah. Semua itu merupakan tempat masyarakat bercengkerama ketika itu.

Meknes berbeda dengan monumen besar, terutama benteng yang tingginya mencapai 15 meter. Kota ini lebih menjadi kebanggaan dibandingkan kota-kota lain yang berbenteng.

Ini adalah properti yang mewakili struktur perkotaan dan arsitektur yang sangat lengkap dari ibu kota Afrika Utara abad ke-17. Desainnya merupakan gabungan peradaban Islam dan Barat. Kota Bersejarah Meknes juga menggambarkan kekhasan bangunan yang terbuat dari tanah liat.

 

 

Menelusuri Meknes

Menjelajahi Meknes dimulai dari pasar khusus yang menjual kerajinan tangan di wilayah Medina. Bangunan bersejarah yang banyak dikunjungi di antaranya masjid agung abad ke-12.

Kemudian ada pasar tradisional yang layak dikunjungi. Lokasinya terdapat di antara Medina dan Mellah tua (kawasan Yahudi kuno, layak untuk dilihat dengan arsitekturnya yang khas). Mereka menjual jeruk, cabai, biji-bijian kering, dan lainnya. Bab el-Mansour merupakan tempat yang paling populer. Gerbang ini selesai dibangun pada 1732.

Kota Mekness, Maroko - (Wikipedia)

Kemudian ada Museum Dar Jamai dengan desain interior yang mengagumkan. Dahulu museum ini adalah istana yang dibangun pada akhir abad ke-19. Di dalamnya terdapat kamar dan pintu yang indah, juga kerajinan tradisional, termasuk keramik, perhiasan, dan lainnya.

Museum ini juga menampilkan lantai yang indah dan langit-langit kubah yang mengagumkan.

Di tempat lain terdapat makam Moulay Ismail. Bangunan ini dihiasi dengan ornamen khas. Makam ini terbuka untuk non-Muslim yang tertarik untuk mengagumi arsitektur, meskipun non-Muslim tidak dapat mendekati makam secara langsung.

 

Di kota ini juga terdapat waduk Agdal, sumber air di daerah tersebut. Orang-orang banyak mengunjunginya untuk rekreasi. 

 
Berita Terpopuler