Mualaf di India: Kami tak Pernah Dipaksa Memeluk Islam

Mualaf India membantah dipaksa memeluk Islam oleh Umar Gautam.

Onislam.net
Mualaf (ilustrasi)
Rep: Umar Mukhtar Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Umar Gautam menjadi korban terbaru islamofobia di India. Tahun lalu, Jamaah Tabligh menjadi komunitas Muslim di India yang dijelekkan sehingga menciptakan kesan bahwa umat Islam bertanggung jawab menyebarkan virus corona yang mematikan di negara itu.

Baca Juga

Hal itu membantu India mengalihkan perhatian dari kegagalannya menangani keadaan darurat terkait corona termasuk krisis migran. Namun, kampanye terkenal itu gagal di pengadilan setelah pengadilan menganggap klaim itu tidak benar dan jahat, menurut laporan dari laman Siasat.

Umar Gautam ditangkap oleh Pasukan Anti-Terorisme Polisi Uttar Pradesh bersama dengan Qazi Jahangir Alam Qasmi, rekannya di Islamic Dakwah Centre, sebuah LSM yang dia kelola dari Okhla di Delhi. Gautam dituding melakukan pemaksaan untuk masuk Islam, sekitar 1.000 orang Hindhu. Sasaran utamanya adalah anak difabel sekolah di Uttar Pradesh.

Gautam diduga mendapatkan dana, terutama dari ISI Pakistan yang terkenal, untuk mengubah demografi India. Dia bahkan telah dikaitkan dengan dugaan konspirasi kriminal untuk membunuh Yati Narsighanand Saraswati, pendeta kuil Dasna Ghaziabad dan seorang ekstremis Hindutva terkenal yang secara rutin memuntahkan racun terhadap umat Islam dan keyakinan mereka.

 

 

Semua informasi tentang Umar Gautam sedang dirilis oleh sumber-sumber bernama dan tidak disebutkan namanya dari Polisi Uttar Pradesh termasuk Direktur Jenderal Tambahan Prashant Kumar. Saluran televisi menjalankan acara primetime berdasarkan informasi tersebut dengan menambahkan masala kebencian dan penghinaan.

Sebuah narasi sedang dibangun bahwa umat Hindu dalam bahaya. Suasana pengepungan sedang diciptakan terhadap minoritas Muslim yang sudah terpinggirkan dan tidak bersuara. Sejauh ini baik Polisi UP maupun penyiar TV tidak menghadirkan "korban" Umar Gautam. Hanya dua orang tua yang telah dikutip tetapi tidak diperlihatkan.

Sebaliknya, hampir selusin mantan umat Hindu telah pasang badan membela Umar Gautam dan Pusat Dakwahnya. Mereka telah mengeluarkan pernyataan video atau membiarkan diri mereka diwawancarai di depan kamera oleh media termasuk Clarion India. Mereka semua orang dewasa dan berpendidikan dan sebagian adalah wanita.

Mereka mengatakan tidak mengenal Umar Gautam ketika mereka mulai membaca Alquran dan literatur lain dari berbagai agama. Mereka menghubunginya hanya setelah mengambil keputusan atau dalam beberapa kasus setelah memeluk Islam. Mereka membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan formalitas hukum untuk mengubah status resmi mereka.

Pusat Dakwah yang dikelola Umar Gaitam menawarkan layanan tersebut, di antara banyak pekerjaan sosial lainnya yang dilakukannya. Mereka mengatakan bahwa Konstitusi India mengizinkan mereka untuk menganut agama pilihan mereka.

 

 

Perubahan agama mereka disertifikasi oleh lembaga pemerintah yang diberitahukan oleh Gazette of India. Pusat Dakwah Umar Gautam baru saja menjadi fasilitator. Namun, pembawa acara TV dan jurnalis media arus utama mengabaikan kesaksian mereka, meskipun rekaman video dari pernyataan mereka tersedia secara luas di Internet.

Sujit Kumar Shukla, dokter medis yang telah bekerja di rumah sakit Safdar Jang dan Ram Manohar Lohia di Delhi, saat ini sedang menyelesaikan pasca-kelulusan di Bangalore. Berbicara dengan Clarion India, dia mengatakan, dia pindah agama pada 2004 saat masih menjadi mahasiswa kedokteran.

Dia tidak mengenal Umar Gautam. Dia bertemu dengannya pada tahun 2009 ketika seseorang memberi tahu dia tentang pengkhotbah Islam selama perjalanan kereta api. Shukla membutuhkan bantuan hukum yang dia dapatkan di Pusat Dakwah.

"Setelah pindah agama, Anda diminta untuk memenuhi banyak formalitas. Orang-orang datang ke pusatnya untuk dokumentasi hukum. Saya tidak pernah melihat khotbah atau konversi langsung… Kebanyakan orang yang datang ke sana adalah mereka yang sudah memeluk Islam."

"Pengalaman pribadi saya adalah bahwa Anda sangat menderita. Keluarga saya memboikot saya; masyarakat memboikot saya. Selama tujuh sampai delapan tahun sulit untuk melihat orang tua saya. Mereka tidak ingin melihat saya. Saya harus menghadapi masalah keuangan," katanya.

 

 

Abhishek, yang memeluk Islam pada 2012, mengatakan kepada Palpal News bahwa Umar Gautam tidak berperan dalam keputusannya. Dia menjadi tahu tentang pusatnya dan mencari bantuannya dalam pekerjaan kertas.

"Anda tidak dapat berpindah agama tanpa keterlibatan lembaga pemerintah. Anda bisa menjadi seorang Muslim di hati Anda seperti yang saya lakukan tetapi menyelesaikan formalitas hukum adalah proses yang panjang dan rumit. Tidak ada Qazi yang akan memberikan sertifikat kecuali Anda diizinkan oleh kantor-kantor pemerintah.

Abhishek juga mengatakan, klaim media bahwa Umar Gautam telah memaksa orang untuk pindah agama dengan janji pekerjaan itu sangat menggelikan. "Saya menganggur untuk waktu yang lama setelah menjadi seorang Muslim. Saya mengenal beberapa orang yang baru memeluk Islam yang tidak memiliki pekerjaan."

"Tidak ada yang bisa menjamin pekerjaan. Bahkan putra Umar Gautam yang berprofesi sebagai insinyur pun sudah lama menganggur. Jadi, orang yang tidak bisa mendapatkan pekerjaan untuk anaknya, bagaimana dia bisa memberikan jaminan pekerjaan kepada orang lain," tanyanya.

Rahul Jaiswal yang telah menjadi Yusuf Khan mengatakan dalam sebuah pernyataan video, "Saya pindah agama pada 2 Januari 2021 sesuai dengan Gazette of India. Saya ingin mengklarifikasi bahwa saya telah mengubah agama saya berdasarkan pemahaman, kepercayaan, dan persetujuan saya sendiri. 

"Tidak ada yang menekan saya. Tidak ada yang mengancam saya untuk menerima agama Islam. Saya memiliki hak sesuai Pasal 25 konstitusi India untuk mengikuti agama apa pun. Motif video ini adalah untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan atau tuduhan palsu yang dibuat terhadap pihak ketiga orang."

 

Seorang wanita, yang memeluk Islam setelah putranya melakukannya, mengatakan kepada Palpal News, "Tidak masuk akal untuk mengklaim bahwa saya pindah agama karena seseorang mengancam saya. Bahkan jika Anda memaksa saya untuk mengubah dengan todongan senjata."

 
Berita Terpopuler