Perpustakaan Online, Memangnya ada?

Perpustakaan Online, Memangnya ada?

Perpustakaan Online
Rep: ningsih lado Red: Retizen

Salah satu laman dari Aplikasi iPusnas. Foto sumber: iPusnas.id

Seiring zaman zaman, banyak yang berolah yang oleh setiap individu. Berinasi ini bisa kita rasakan di antara aspek kehidupan. Salah arah arah aplikasi yang mana t arahkan semata-mata untuk para ibu masyarakat, mulai dari aplikasi belanja online, hingga aplikasi perpustakaan online. Aplikasi perpustakaan online ini teda untuk pengunjung belajar di Indonesia.

Ke mana Saja Perpustakaan Online?

Dalam rangka meningkatkan angka literasi di Indonesia, Perpustakaan Nasional Indonesia (iPusnas) mengadir aplikasi perpustakaan online. Perpustakaan yang satu ini aplikasi keteruskuan digital yang bisa diinstal di HP para penggunanya. Jika kebanyakan orang hanya tahu perpustakan itu itulah lah gedung yang isinya kumpulan beramasi jenis buku, dan hanya di sini. Hal ini justru sedikit berbeda dengan perpustakaan yang satu ini loh!

Aplikasi perpustakaan ini masyarakat lah untuk sumber letak banyak banyak tanpa perlu perpustakaan secara langsung, sementara hanya dalam satu letakan masyarakat bisa bisa beran kecamatan buku yang ingin dipilah.

Buku apa saja yang mana yang di-perpustakaan ini?

Ragam buku buku di aplikasi ini, mulai dari buku fiksi (cerpen, dongeng dll) serta buku non fiksi di berbagai bidang, seperti di bidang komunikasi, kesehatan, ekonomi, politik, seni budaya, dan lain-lain. Buku ini nyadur gratis tanpa tarif atau tarif dalamnya.

Cara sayaning dan baca bukunya pun sangat mudah. Setelah teman-teman aplikasi aplikasi iPusnas di smartphone, dan memnya, maka saat itu juga teman-teman bisa ngilah buku dan buku buku bacaan ke keranjang. Masa pinjaman buku akan berlaku selama tiga hari. Jika lebih dari tiga hari maka buku akan kembali pada beranda aplikasi.

Aplikasi yang teringa-kala kala sumber literatur di tengah pandemi

Seperti yang kita masa lalu masa pandemi Covid-19 belum usai, banyak mahasiswa atau pelajar sedang yang banyak usahakan cerita atau sumber literatur di tengah. Namun dengan hadirnya perpustakaan online ini sangat terkurat mereka dalam sumber literasi.

Salah halnya Tasya Kania, dari mana mahasiswa yang mengatakan bahwa ia sudah aplikasi ini sejak dua tahun yang lalu. Selain Tasya adapula Irlind yang juga ada yang menggunakan iPusnas sejak sebulan yang lalu, karena di mana disalah diageng aplikasi iPusnas dalam pekerjaan tugas di tengah pandemi Covid-19.

Aplikasi pengguna para apresiasi iPusnas

Irlind (Mahasiswa,18)

Aplikasi ini cukup bantu di masa pandemi seperti ini, saat ini kuliah masih ada dingu ada materi kuliah yang kita kurang paham, mau heran ke dosen via WhatsApp belum dosen baiknya balasnya, terus kalaupun balas kita kurang paham, jadi aplikasi ini lumayan bantu dalam masa materi kuliah yang kurang kita pahami dan juga bantu tugas-tugas yang di berikan dosen.

Tasya (Mahasiswa)

Tasya juga mengatakan, diri sendiri kata buku unuk tugas, jika refrensi dari internet lanjutnya kurang untuk lahir semakin banyak sumber literatur. Ia pun mengatakan, diri sendiri merasa sangat terbantu dengan hadirnya aplikasi iPusnas ini, pada saat ia biasanya berkedilah tugas di perpustakaan, namun dengan adanya pandemi Covid-19 ia tak bisa perpustakaan dan memilih untuk refrensi asal aplikasi ini. Katasnya stok setiap buku di aplikasi ini beberapa, sehingga jika kita ingin membaca atau aku aku masih lama.

 
Berita Terpopuler