Top 5 News: Fasilitas Bandara Rusak, HRS & Putin Kutip Quran

Berita-berita kepulangan Habib Rizieq Shihab ke Indonesia paling banyak dibaca.

Republika/Putra M. Akbar
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab menyapa massa saat tiba di kawasan Petamburan, Jakarta, Selasa (10/11). Habib Rizieq Shihab kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama tiga setengah tahun. Republika/Putra M. akbar
Red: Karta Raharja Ucu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepulangan Habib Rizieq Shihab (HRS) ke Indonesia menimbulkan euforia luar biasa bagi para pendukungnya. Setidaknya tujuh sampai delapan kilometer jalan tol menuju Bandara macet karena dipenuhi para pendukung HRS. Lautan manusia sudah memenuhi area Bandara Soekarno-Hatta sejak Selasa (10/11) pagi untuk menyambut kedatangan HRS, imbasnya sejumlah fasilitas bandara dilaporkan rusak. Kabar ini pun menjadi berita paling banyak dibaca di Republika.co.id pada Selasa, 10 November 2020.

Berita lain yang masuk dalam jajaran top 5 news adalah cerita Cucu Nelson Mandela yang menjadi mualaf dan ditolak sukunya. Berikut lima berita terpopuler di Republika.co.id pada Selasa, 10 November 2020.

1. Sejumlah Fasilitas Bandara Soetta Rusak
JAKARTA -- Sebagian besar massa simpatisan Habib Riziek Shihab (HRS) telah meninggalkan Terminal 3 bandara Soekarno-hatta. Namun, berbagai kerusakan akibat massa yang berdesakan tak bisa dihindari.

Beberapa fasilitas mulai dari tanaman hias, bangku, hingga outlet simcard bandara di sekitar Terminal 3 terpantau rusak. Berdasarkan pantauan Republika, hal itu dikarenakan mayoritas massa yang mendapat tempat jauh dari hall Terminal 3 memilih mencari lokasi tinggi dan memanjatnya untuk melihat dan menyapa HRS.

Petugas membersihkan puing fasilitas yang rusak di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). Pasca penyambutan kedatangan Habib Rizieq Shihab (HRS), sejumlah fasilitas mengalami kerusakan akibat massa yang berdesakan di kawasan tersebut - (ANTARA/Fauzan)

Namun di akhir penjemputan, sejumlah orang terlihat membawa kantung sampah dan memungut sampah di sekitarnya. Hingga berita ini dibuat, pihak pengelola bandara belum bisa dihubungi untuk dimintai tanggapan.

Sebelumnya, Pimpinan FPI Imam Besar Habib Riziek Shihab (IB HRS) langsung meninggalkan Terminal 3 kedatangan bandara Soekarno-Hatta. Sejak HRS tiba pukul 08.30 WIB, dirinya langsung disambut ribuan simpatisan dari berbagai daerah.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Cerita Cucu Nelson Mandela Mualaf dan Ditolak Sukunya
JAKARTA -- Siapa sangka tokoh perjuangan anti-apartheid Afrika Selatan Nelson Mandela memiliki seorang cucu yang merupakan mualaf. Setelah menjadi seorang Muslim ia kerap memperjuangkan kebebasan Palestina.

 

Ialah Mandla Mandela. Nama lengkapnya Nkosi Zwelivelile Mandla Mandela dan berasal dari klan Abathembu yang didapat dari kakeknya. Pada 2007 dia diangkat sebagai kepala suku Xhosa sekaligus dilantik sebagai ketua Dewan Adat Mvezo.

Mandla Mandela, cucu tokoh revolusioner Afrika Selatan Nelson Mandela. Dia memeluk Islam pada 2015. - (Anadolu Agency)

Mandla, yang saat itu masih berusia 32 tahun, berperan sebagai juru bicara kelompoknya dan memimpin upacara lokal serta menyelesaikan perselisihan yang terjadi. Lulusan ilmu politik itu bersumpah mencoba membantu orang-orang di pedesaan Eastern Cape, yang merupakan salah satu daerah termiskin di negara itu, sebelum dia dilantik.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Presiden Rusia Putin Kembali Kutip Ayat Alquran Saat Pidato
MOSKOW— Presiden Rusia Vladimir Putin untuk kesekian kalinya mengutip ayat Alquran dalam pidatonya. Kali ini, Putin yang beragama Kristen itu megutip ayat Alquran dalam upacara memperingati Hari Persatuan Nasional Rusia pada 4 November lalu. 

 

Presiden Vladimir Putin kerap mengutip ayat Alquran dalam sejumlah pidatonya. Foto: AP/Alexei Druzhinin/Pool Sputnik Kremlin

 

 

Pidato Putin tersebut disampaikan kepada perwakilan dari berbagai agama di Rusia melalui video-conference. Dia membaca surat Asy-Syura ayat 23 dengan terjemahan Alquran berbahasa Rusia. 

 

Ayat ini sendiri menjelaskan tentang perbuatan baik seseorang nantinya akan diganjar dengan balasan baik. Dalam  QS asy-Syura ayat 23 Allah SWT berfirman:

ذَٰلِكَ الَّذِي يُبَشِّرُ اللَّهُ عِبَادَهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ ۗ قُلْ لَا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ أَجْرًا إِلَّا الْمَوَدَّةَ فِي الْقُرْبَىٰ ۗ وَمَنْ يَقْتَرِفْ حَسَنَةً نَزِدْ لَهُ فِيهَا حُسْنًا ۚ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ شَكُور

"Itulah (karunia) yang (dengan itu) Allah menggembirakan hamba-hamba-Nya yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh. Katakanlah: "Aku tidak meminta kepadamu sesuatu upahp pun atas seruanku kecuali kasih sayang dalam kekeluargaan". Dan siapa yang mengerjakan kebaikan akan Kami tambahkan baginya kebaikan pada kebaikannya itu. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri."

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Janji Imam Besar Al-Azhar untuk Penghina Nabi Muhammad
KAIRO -- Imam besar di otoritas agama tertinggi Mesir berjanji akan mengadili mereka yang menghina Nabi Muhammad. Ucapan tersebut disampaikan oleh ulama paling senior di Al-Azhar, Syekh Ahmed Al-Tayyeb, setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Yves Le Drian.

"Kami akan melacak orang-orang yang menghina Nabi mulia kami di pengadilan internasional, bahkan jika kami menghabiskan seluruh hidup kami untuk melakukan itu," kata syekh pada Ahad (8/11) dilansir dari laman Arab News pada Selasa (10/11).

Imam Besar al-Azhar Mesir, Syekh Ahmad el-Tayyeb. - (Gulfnews.com)

"Kami menolak untuk menggambarkan terorisme sebagai Islam. Setiap orang harus segera berhenti menggunakan deskripsi itu karena itu menyakiti perasaan Muslim di seluruh dunia dan itu adalah deskripsi yang bertentangan dengan kebenaran yang diketahui semua orang," lanjutnya.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Puluhan Pemukim Israel Serbu Masjid Al Aqsa
YERUSALEM -- Sebanyak 72 pemukim menyerbu Masjid Al-Aqsa pada Senin (9/11) waktu setempat. Penyerbuan ini dilakukan melalui Gerbang Al-Mughrabi bersama para polisi pendudukan Israel yang melakukan keamanan secara ketat.

Para pemukim itu berkeliling di sekitar masjid secara provokatif dan melakukan ritual Talmud di area alun-alun. Lalu, mereka mulai meninggalkan kawasan itu melalui pintu Al-Silsila, menurut laporan Gulf Times melansir dari kantor berita Palestina, Selasa (10/11).

Kubah Nabi, Kompleks Masjid Al Aqsha, Yerusalem, Palestina. - (Screen Capture Youtube)

Selain itu, kelompok pemukim tersebut juga mulai membangun pos permukiman baru di tanah Ras al-Tin yang terletak di sebelah timur Ramallah di Tepi Barat yang diduduki. Seorang saksi mata pun menyaksikan langkah pembangunan permukiman.

Baca berita selengkapnya di sini.

BONUS 6. PA 212: Insya Allah Anies Baswedan Bertemu Habib Rizieq
JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dikabarkan akan menemui Habib Rizieq Shihab (HRS) setibanya di Indonesia pada Selasa (10/11). HRS dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pagi ini dan menuju kediaman di Markas FPI Petamburan.

Anies disebut akan menemui HRS ketika prinsip jaga jarak sudah bisa diterapkan.
"Insya Allah, Bapak Anies baswedan akan bertemu dengan HRS paling lambat besok (Rabu) ketika sudah teratur jarak pysical distancing," kata Wasekjen PA 211 Novel Bamukmin pada Republika, Selasa (10/11).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat hadir di acara Reuni 212 yang digelar di Monas, Senin (21/1) - (Febryan A/Republika)

Diketahui, peran HRS dalam Pilgub DKI 2017 di mana Anies memperoleh kemenangan tak bisa dipandang sepele. HRS menghimpun massa aksi 212 menentang Basuki Tjahaja Purnama. "Bapak Anies prioritas akan bertemu dengan HRS," lanjut Novel.

Baca berita selengkapnya di sini.

 
Berita Terpopuler