Selasa 10 Nov 2020 06:47 WIB

Janji Imam Besar Al-Azhar untuk Penghina Nabi Muhammad

Imam Besar Al-Azhar mengucapkan janjinya di depan penghina Nabi Muhammad.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Janji Imam Besar Al-Azhar untuk Penghina Nabi Muhammad. Foto: Imam Besar al-Azhar Mesir, Syekh Ahmad el-Tayyeb.
Foto: Gulfnews.com
Janji Imam Besar Al-Azhar untuk Penghina Nabi Muhammad. Foto: Imam Besar al-Azhar Mesir, Syekh Ahmad el-Tayyeb.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Imam besar di otoritas agama tertinggi Mesir berjanji akan mengadili mereka yang menghina Nabi Muhammad. Ucapan tersebut disampaikan oleh ulama paling senior di Al-Azhar, Syekh Ahmed Al-Tayyeb, setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Yves Le Drian.

"Kami akan melacak orang-orang yang menghina Nabi mulia kami di pengadilan internasional, bahkan jika kami menghabiskan seluruh hidup kami untuk melakukan itu," kata syekh pada Ahad (8/11) dilansir dari laman Arab News pada Selasa (10/11).

Baca Juga

"Kami menolak untuk menggambarkan terorisme sebagai Islam. Setiap orang harus segera berhenti menggunakan deskripsi itu karena itu menyakiti perasaan Muslim di seluruh dunia dan itu adalah deskripsi yang bertentangan dengan kebenaran yang diketahui semua orang," lanjutnya.

Adapun Le Drian mengunjungi Mesir pada saat ketegangan meningkat, menyusul komentar Presiden Pranci, Emmanuel Macron, tentang Islam. Macron menggambarkan islam sebagai iman yang dalam krisis di seluruh dunia dan membela penerbitan kartun yang mengejek nabi.

Dalam konferensi pers, Le Drian mengungkapkan, penghormatan yang dalam kepada Islam dari negaranya dan bahwa Muslim di Prancis merupakan bagian dari sejarah dan identitas bangsa.

Dalam pertemuannya dengan syekh, dia mengatakan, bahwa Prancis percaya pada pentingnya Al-Azhar dan imam besar dalam menyerukan toleransi dan moderasi.

"Kita harus bertarung dengan Al-Azhar yang hebat melawan kebencian dan delusi para ekstremis," kata dia.

Al-Tayyeb mengatakan, teroris tidak mewakili Muslim dan Muslim tidak bertanggung jawab atas tindakan teroris.

"Muslim di seluruh dunia menolak terorisme yang bertindak atas nama agama dan mereka menegaskan bahwa Islam dan nabinya tidak bersalah dari terorisme apa pun," kata dia.

"Kami ingin para pejabat di Eropa menyadari bahwa apa yang terjadi tidak mewakili Islam dan Muslim, terutama karena Muslimlah yang membayar harga untuk terorisme ini lebih dari yang lain," lanjutnya.

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/1760771/middle-east

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement