Liga Inggris Kembali Tepat 100 Hari Setelah Laga Terakhir

Pertandingan akan digelar di stadion yang hanya dihadiri sekitar 300 orang.

EPA-EFE/ANDY RAIN
Liga Primer Inggris.
Rep: Rahmat Fajar Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Liga Inggris akan kembali bergulir tepat 100 hari setelah pertandingan terakhir sebelum dihentikan karena virus corona baru. Manchester City vs Arsenal dan Aston Villa Vs Sheffield United akan menjadi laga pembuka pada Rabu (17/6) waktu Inggris atau Kamis (18/6) dini hari WIB. Pertandingan akan digelar di stadion yang hanya dihadiri sekitar 300 orang.

Baca Juga

Ini akan menjadi pertandingan musim panas yang belum pernah terjadi sebelumnya. Bahkan ini menjadi musim yang dihentikan untuk pertama kalinya sejak pecahnya perang dunia II karena corona menewaskan sekitar seribu jiwa dalam sehari.

Namun pemerintah Inggris bertekad mengembalikan olahraga ini kembali bergulir dan mengangkat semangat rakyat Inggris. Protokol kesehatan telah diatur agar mereka bisa kembali berlatih dan bertandingan dengan aman. Tes corona dilakukan dua kali dalam satu pekan untuk pemain dan pelatih.

Kepala Eksekutif Liga Primer Richard Masters mengatakan, ketika seluruh wilayah terkunci karena corona, setiap sektor industri bertanya-tanya kapan akan kembali aktif, termasuk sepak bola. Liga Primer kemudian berbicara dengan pemerintah tentang langkah yang akan dilakukan jika pertandingan harus digelar di tengah pandemi.

Liga Inggris dihentikan setelah pelatih Arsenal Mikel Arteta dinyatakan positif Covid-19 pada 12 Maret lalu. Langkah itu dilakukan untuk mencegah menyebarkan virus tersebut semakin meluas dan menyelamatkan banyak nyawa.

"Saya sudah memikirkannya. Saya berpikir tentang malam ketika saya mulai mengalami beberapa gejala, betapa seriusnya itu. Itu masalah ketika saya tidak bisa membuat keputusan. Itu harus dilaporkan karena saya bisa membahayakan banyak orang,” kata Arteta dalam konferensi persnya lewat Zoom, dilansir dari AP, Rabu (17/6).

Fokus Arteta dalam sembilan pertandingan sisa musim ini adalah membawa Arsenal mendapatkan tiket Liga Champions musim depan. The Gunners kini berada di urutan kesembilan dan terpaut delapan poin dari Chelsea di posisi keempat.

Namun posisi kelima akan mendapatkan tiket Liga Champions jika Manchester City kalah di pengadilan banding atas larangan tampil di kompetisi Eropa dua tahun sejak musim depan. City yang akan dihadapi Arsenal hampir pasti akan kehilangan gelar Liga Inggris musim ini.

Jika City kalah, akan mempercepat Liverpool menggenggam trofi Liga Inggris pertamanya sejak 30 tahun. Dengan skenario itu, the Reds hanya butuh kemenangan atas Everton dalam pertandingan bertajuk derby Merseyside, pekan depan.

 

Perbedaan, perubahaan, aturan baru

Pertandingan pertama antara Sheiffield United vs Aston Villa akan menjadi dorongan bagi Sheffield untuk meraih tiga angka. Mereka berteka memperoleh tiket kualifikasi Liga Europa. Bakal ada 32 pertandingan awal dalam 16 hari. Waktu kick-off juga lebih merata sehingga memungkinkan penggemar bisa menyaksikan pertandingan lewat layar televisi. Sebab pertandingan digelar secara tertutup.

Suara tiruan akan ditampilkan bagi pemirsa dan beberapa pendukung akan langsung dialirkan dari rumah ke stadion lewat layar lebar. Beberapa tim seperti Brighton akan menggunakan gambar penonton untuk mengisi stadion yang kosong.

Jarak antarpemain baik di ruang ganti, saat memasuki lapangan, ketika pemanasan dan perayaan gol harus diperhatikan. Sebuah kamera akan disediakan bagi pemain yang akan merayakan golnya.

"Jelas itu akan menjadi pengalaman aneh tanpa penggemar," ucapnya.

Saat ini, hanya 110 orang yang diizinkan berada di zona merah atau zona vital di sekitar lapangan permainan. Mereka diminta menyerahkan hasil tes negatif corona dalam lima hari sebelumnya sebagai syarat medis untuk diberikan kode tiket masuk stadion. Mereka adalah pelatih, pemain, staf medis, ofisial pertandingan, teknisi lapangan, personel hawk-eye untuk teknologi garis gawang serta pemutaran ulang video.

Sementara zona kuning di stadion akan diisi oleh pihak eksekutif dari media dan klub. Mereka tak memerlukan tes corona. Dan zona hijau adalah tempat pertemuan di luar stadion. Tim juga didorong agar berangkat ke lokasi pertandingan pada hari pertandingan. Itu dilakukan menyiasati tak tinggal di hotel sehingga terhindar kontak dengan banyak orang. Rahmat Fajar

 
Berita Terpopuler