Bahas Bidang Pertanian, 22 Warga Australia Bertemu Fadli Zon di DPR

Selasa , 24 May 2016, 13:45 WIB
Fadli Zon
Foto: MgROL29
Fadli Zon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon bertemu dengan perwakilan Australian Leadership Program, yang berjumlah 22 orang. Kedatangan ALP itu guna membahas isu-isu dan berbagi ilmu terutama di bidang pertanian.

"Yang datang 22 orang untuk berdiskusi tentang berbagai sektor tapi khususnya di bidang pertanian. Banyak sekali mereka tanya soal kondisi petani Indonesia," kata Fadli, usai bertemu dengan ALP, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (24/5).

Menurut Fadli, banyak persamaan persoalan pertanian di Indonesia dengan Australia, seperti banyaknya usia petani yang cukup tua. Di Australia , kata dia, sekitar 56 tahun. Sementara di Indonesia sekira 50 sampai 52 tahun.

Mereka juga berdiskusi mengenai data produksi dan data lahan pertanian Indonesia. Fadli Zon mengungkapkan, Australia juga terkendala masalah perubahan iklim, di mana musim kering terjadi lebih panjang dari biasanya.

"Tentu kehadian mereka juga untuk perkuat hubungan bilateral khususnya bidang pertanian," ujarnya.

Apalagi, Indonesia masih impor daging sapi, gandum dan garam dari Australia. Ia berharap Australia memberikan prestasi, misalnya penggemukan sapi di berbagai daerah yang bisa beri nilai lebih bagi peternak Indonesia.