Sunday, 19 Syawwal 1445 / 28 April 2024

Sunday, 19 Syawwal 1445 / 28 April 2024

Komitmen Bea Cukai Dukung Gerakan Antikorupsi

Senin 18 Dec 2023 17:09 WIB

Red: Gita Amanda

Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia), Bea Cukai gelar edukasi kreatif dan talkshow integritas.

Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia), Bea Cukai gelar edukasi kreatif dan talkshow integritas.

Foto: Bea Cukai
Hakordia meningkatkan kesadaran publik agar bersikap antikorupsi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peringati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia), Bea Cukai gelar edukasi kreatif dan talkshow integritas. Kali ini, peringatan Hakordia dilaksanakan oleh Bea Cukai Bekasi dan Bea Cukai Sampit.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar, mengungkapkan Hakordia adalah sebuah kampanye global untuk meningkatkan kesadaran publik agar bersikap antikorupsi yang diperingati pada tanggal 9 Desember tiap tahun. “Peringatan Hakordia merupakan komitmen dan kampanye Bea Cukai dalam memberantas tindak korupsi,” imbuhnya.

Baca Juga

Pada Selasa (12/12/2023), Bea Cukai Bekasi peringati Hakordia melalui talkshow dengan tajuk “Integrity Journey dalam Pemberantasan Korupsi di Bea dan Cukai” yang dilaksanakan secara hybrid di Kantor Bea Cukai Bekasi dan virtual melalui aplikasi Ms Teams. Talkshow Hakordia kali ini menghadirkan narasumber, yaitu DR R B Permana Agung Dradjattun, selaku Direktur Bea dan Cukai Tahun 1999 sampai 2002 dan Ade R Sudrajat selaku Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Kawasan Berikat.

Sementara itu, di Sampit, Bea Cukai Sampit gelar acara bertajuk “Joy Ride Customs with Fruitful Partnership” yang dilaksanakan pada Sabtu (9/12/2023). Konsep Joy Ride Customs diusung Bea Cukai Sampit melalui kampanye antikorupsi dengan menggelar edukasi pada siswa-siswi SMA Negeri 2 Sampit di atas kapal patroli Bea Cukai. Para siswa diajak menyusuri Sungai Mentaya sembari dijelaskan mengenai ketentuan kepabeanan dan cukai.

Sebelumnya, pada Jumat (8/12/2023), Bea Cukai Sampit juga melaksanakan Joy Ride Customs dengan mengajak turut serta pegawai Kementerian Keuangan di wilayah Sampit untuk menjaga komitmen antikorupsi menaiki kapal patroli Bea Cukai menuju kawasan berikat yang diawasi Bea Cukai Sampit.

“Kegiatan ini menjadi sarana refleksi segala pihak yakni pengguna jasa selaku pihak eksternal dan antarpegawai di lingkungan Kementerian Keuangan selaku pihak internal dalam menjaga komitmen integritas dan memberantas korupsi dari segala sisi,” kata Encep.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler