Thursday, 22 Zulqaidah 1445 / 30 May 2024

Thursday, 22 Zulqaidah 1445 / 30 May 2024

Bea Cukai Beri Edukasi Kepabeanan dan Cukai bagi Pelajar dan Mahasiswa

Senin 11 Sep 2023 18:45 WIB

Red: Nora Azizah

Bea Cukai terus menyebarkan informasi terkait kepabeanan dan cukai kepada pelajar dan mahasiswa.

Bea Cukai terus menyebarkan informasi terkait kepabeanan dan cukai kepada pelajar dan mahasiswa.

Foto: Dok. Bea Cukai
Bea Cukai terus sebarkan informasi kepabeanan, khususnya pada generasi muda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai implementasi good governance atau tata kelola pemerintahan yang baik dalam hal mewujudkan kebebasan publik dalam memperoleh informasi, Bea Cukai terus berusaha menyebarluaskan informasi tentang aturan kepabeanan dan cukai. Penyebarluasan informasi tersebut menyasar seluruh lapisan masyarakat, termasuk para pelajar dan mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan kunjungan para mahasiswa Universitas Bung Hatta ke Bea Cukai Pekanbaru dan sosialisasi yang digelar Bea Cukai Makassar untuk siswa SMAN 3 Maros.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar mengatakan, Bea Cukai Pekanbaru menerima kunjungan 45 orang mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta dalam rangka Kunjungan Industri. Dalam kunjungan bertajuk 'Membangun Jejaring dengan Perguruan Tinggi, Instansi Pemerintah, Perusahaan Swasta, dan Rumah Sakit untuk Penguatan Kapasitas Keilmuan Mahasiswa Bagian Hukum Perdata Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta' tersebut, para mahasiswa mempelajari tugas dan fungsi Bea Cukai serta kinerja pengawasan kepabeanan dan cukai.

Baca Juga

"Bea Cukai Pekanbaru menjadi salah satu destinasi yang dikunjungi para mahasiswa Universitas Bung Hatta untuk mempelajari aturan kepabeanan dan cukai, terutama dalam penegakan hukum dalam pengawasan kepabeanan dan cukai. Kami sangat terbuka untuk seluruh civitas akademika, baik dari sekolah menengah hingga perguruan tinggi, yang ingin berkunjung dan belajar terkait kepabeanan dan cukai," ujar Encep, dalam keterangan tertulis, Senin (11/9/2023).

Kegiatan sosialisasi aturan kepabeanan dan cukai yang menyasar civitas akademika juga dilaksanakan Bea Cukai Makassar. Kantor ini berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Maros menggelar sosialisasi dan edukasi aturan cukai untuk para siswa SMAN 3 Maros. Tujuan kegiatan ini ialah untuk mengenalkan sejak dini kepada siswa tentang pengertian cukai, jenis barang kena cukai, bentuk pelanggaran di bidang cukai, serta pemanfaatan pungutan cukai untuk pemerintah daerah.

"Kami berharap para pelajar dan mahasiswa dapat memahami aturan kepabeanan dan cukai, serta dapat menyebarluaskan pemahaman tersebut di tengah masyarakat. Hal ini tentunya akan membantu peningkatan kepatuhan terhadap aturan kepabeanan dan cukai," kata Encep.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler