Sunday, 19 Syawwal 1445 / 28 April 2024

Sunday, 19 Syawwal 1445 / 28 April 2024

Bea Cukai Kudus Gagalkan Pengiriman Ratusan Ribu Rokok Ilegal

Selasa 25 Jul 2023 11:41 WIB

Red: Friska Yolandha

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukai Kudus, Jawa Tengah, menggagalkan pengiriman ratusan ribu batang rokok ilegal.

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukai Kudus, Jawa Tengah, menggagalkan pengiriman ratusan ribu batang rokok ilegal.

Foto: Dok. Bea Cukai
Petugas mengamankan barang bukti sebanyak 264 ribu batang rokok ilegal.

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukai Kudus, Jawa Tengah, menggagalkan pengiriman ratusan ribu batang rokok ilegal menggunakan mobil minibus di Jalan Raya Kudus-Demak di Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kudus. Ratusan ribu batang rokok diamankan sebagai barang bukti.

"Barang bukti rokok ilegal yang diamankan dari penindakan pada Ahad (23/7/2023) itu sebanyak 264.000 batang," kata Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus, Sandy Hendratmo Sopan, saat merilis kasus tersebut di Kudus, Selasa (25/7/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan ratusan ribu batang rokok ilegal tersebut berada dalam kemasan yang berjumlah 13.200 bungkus dengan berbagai merek. Nilai rokok ilegal tersebut diperkirakan sebesar Rp 331,32 juta dengan potensi kerugian negara sekitar Rp 227,08 juta.

Sandy menambahkan kasus pengiriman rokok ilegal tersebut bisa diungkap berkat analisis informasi intelijen yang diterima sebelumnya.

Tim Macan Muria Bea Cukai Kudus mencium adanya pengiriman barang kena cukai berupa rokok yang diduga ilegal menggunakan mobil minibus. Untuk memastikan informasi tersebut, tim segera meluncur dan melakukan penyisiran di sepanjang Jalan Raya Kudus-Pati pada 23 Juli 2023. 

Sekitar pukul 12.30 WIB, tim berhasil menemukan dan membuntuti mobil minibus sesuai dengan ciri-ciri yang diinformasikan.

Setelah berhasil menghentikan mobil itu di Jalan Raya Kudus-Demak, Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, petugas melakukan pemeriksaan dan menemukan 13.200 bungkus rokok jenis sigaret kretek mesin (SKM) dengan berbagai merek.

Semua barang bukti rokok ilegal beserta sopir dan kernet, serta mobil pengangkut sudah dibawa ke KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler